Jawa Pos

Libur Panjang Picu Macet

-

LIBUR panjang menyambut Maulid Nabi dan Natal 2015 yang bersamaan dengan libur sekolah membuat lalu lintas di beberapa ruas jalan macet. Kendaraan yang melintas di sepanjang Bypass Mojokerto meningkat tajam. Kemarin kepadatan kendaraan, khususnya dari arah Surabaya menuju arah Jombang terasa seperti selama arus mudik hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Ribuan kendaraan memadati jalur-jalur nasional dan antarprovi­nsi. Setidaknya, puncak kepadatan kendaraan kemarin terjadi Rabu malam (23/12) hingga Kamis siang (24/12).

Dalam catatan Satlantas Polres Mojokerto, arus kendaraan didominasi sepeda motor dan roda empat. Diketahui, volume kendaraan 3.000–4.000 unit per jam. ’’ Volume kendaraan selama libur Natal dan tahun baru ini meningkat tajam,’’ ujar AKP Kasatlanta­s Polres Mojokerto Asep Kurnia kemarin. ’’Seperti arus mudik selama Lebaran,’’ imbuhnya.

Penumpukan kendaraan terlihat di simpang lima Kenanten. Petugas satlantas yang berjaga di pos polisi Kenanten, Kecamatan Puri, tampak repot. Selain memantau dari CCTV dan mengurai arus kendaraan melalui pengeras suara, mereka secara bergantian turun langsung untuk mengatur lalu lintas. Bahkan, ada yang menggunaka­n kendaraan roda dua. Itu memudahkan pengaturan arus lalu lintas dari berbagai arah. Khususnya dari arah Surabaya menuju arah Jombang, Kediri, Nganjuk, dan Madiun.

Sebab, saat lampu lalu lintas menyala hijau, ribuan kendaraan yang datang per jam itu tampak saling ingin mendahului. ’’Hari ini (kemarin pagi) setidaknya 1.500 unit roda dua dan 2.000 unit roda empat melintas menuju arah Jombang,’’ katanya. (ris/abi/c4/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia