Jawa Pos

Rekor Kelabu Tim Promosi

-

PRESTASI Paris Saint- Germain ( PSG) dan Troyes AC memang bak langit dan sumur. Jika PSG merupakan pemuncak klasemen sementara, Troyes adalah penghuni dasar klasemen. Jika PSG tak terkalahka­n dalam 19 pekan atau separo perjalanan Ligue 1, Tro yes justru belum pernah meraih kemenangan hingga journee ke- 19. Perinciann­ya, delapan kali seri dan sebelas kali kalah.

Troyes pun berhasil menorehkan rekor. Mereka menjadi tim pertama dalam sejarah Ligue 1 yang belum pernah menang dalam 19 pekan.

Prestasi buruk itu pun membawa korban. Entraineur Jean-Marc Furlan yang membawa Troyes promosi ke Ligue 1 musim ini harus lengser pada 8 Desember lalu. Sebagai penggantin­ya, manajemen menunjuk Claude Robin. Kehadiran Robin pun dinilai tak akan membawa dampak. Sebab, pelatih 55 tahun itu belum pernah merasakan atmosfer persaingan di Ligue 1. Robin menyadari kekhawatir­an fans akan potensi dirinya.

’’Saya bukanlah sosok pencari karir,’’ kata Robin kepada L’Equipe. ’’Saya bahkan tak pernah menangani klub profesiona­l. Tapi, saya senang menerima tantangan ini,’’ tuturnya.

Bersama Robin, spirit penggawa Troyes perlahan mulai tumbuh. Meski belum meraih kemenangan, setidaknya Robin bisa menghindar­kan Troyes dari kekalahan di dua laga terakhir. Di mana, mereka sukses menahan imbang Bastia (13/12) dan AS Monaco (20/12).

’’Saya paham bahwa pelatih yang hebat adalah pelatih yang bisa membawa timnya meraih kemenangan,’’ ujarnya. ’’Kami memang belum bisa menang. Tapi, setidaknya kami tak pernah kalah dalam tiga laga terakhir,’’ ucapnya. (dra/c23/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia