Jawa Pos

Bayaran Han Solo Tertinggi

Enam Puluh Kali Lipat Pemain Baru

-

LOS ANGELES – Hingga hari keenam pemutaran, Star Wars: The Force Awakens telah membukukan penghasila­n worldwide USD 689,4 juta (setara dengan Rp 9,38 triliun). Dengan pendapatan tinggi tersebut, Disney dan Lucasfilm tidak hanya balik modal mengingat produksi ’’hanya’’ menelan USD 200 juta (Rp 2,7 triliun). Mereka juga dipastikan bisa membayar gaji besar kepada para pemain dalam sekuel yang sudah disiapkan.

Pada film ketujuh Star Wars itu, gaji para pemain ditetapkan berdasar peran dan track record masing-masing. ’’Dari semua pemeran, Harrison Ford mendapat bagian yang paling besar,’’ papar sumber Disney dikutip dari situs Variety. Sumber tersebut menyebutka­n bahwa bayaran pemeran Han Solo tersebut sebesar delapan digit berkisar antara USD 10 juta–USD 20 juta (Rp 136 miliar–Rp 272 miliar).

Lantas, bagaimana dengan pemeran lain? Sumber dalam Disney itu mengungkap­kan bahwa selisihnya amat jauh dari Ford. Sebagai pembanding, Carrie Fisher dan Mark Hamill membawa pulang gaji tujuh digit. ’’Di film ini Harrison adalah penghubung antara generasi tua dan baru,’’ tutur sumber tersebut. ’’Mark Hamill dan Carrie Fisher juga punya karakter yang bagus. Tapi, film ini tetap bisa berjalan tanpa mereka,’’ tambah sumber itu.

Meski mereka sama-sama membintang­i Jamie Dornan dan Dakota Johnson (serial Fifty Shades of Grey) Bayaran di seri pertama

USD

Tujuh digit (belum diketahui)

miliar

ribu Pendapatan film pertama USD 550 juta atau Rp 7,57 triliun

Bayaran di seri kedua Kecilnya gaji yang diterima cast baru Star Wars: The Force Awakens memang tampak timpang bila dibandingk­an porsi mereka dalam film plus keuntungan yang dikumpulka­n Disney. Namun, Ridley, Boyega, Driver, dan Isaac bisa berharap lebih dari episode VIII dan IX. Banyak artis yang menikmati pundi-pundi yang makin naik di film seri, seperti…

Jennifer Lawrence (serial The Hunger Games) Bayaran di seri pertama

miliar

ribu Pendapatan film pertama USD 408 juta atau Rp 5,57 triliun

Bayaran di seri kedua

USD 10 juta atau Rp 136,5 miliar (2013) Star Wars sejak rilisan perdana, tentu saja gap bayaran yang kelewat tinggi tersebut terasa kurang masuk akal. Apalagi, porsi ketiganya dalam cerita masih kalah besar oleh para pemeran baru. Namun, Disney punya alasan kuat terkait dengan penggajian tersebut.

Buat rumah produksi yang berbasis di California itu, sosok Ford dinilai sebagai daya tarik tertinggi dalam The Force Awakens. ’’Selain itu, bayaran didasarkan pada perkembang­an karakter di episode selanjutny­a,’’ jelasnya.

Dengan nasib Solo yang cukup apes dalam seri terbaru tersebut, tentu Fisher dan Hamill memiliki kans untuk dapat bayaran lebih dalam film kedelapan. Sementara itu, bayaran pemeran Kylo Ren, Adam Driver, serta pilot Poe Dameron (Oscar Isaac) hanya

USD Robert Pattinson

(serial Twilight) Bayaran di seri pertama

USD

miliar

ribu Pendapatan film pertama USD 350 juta atau Rp 4,78 triliun

Bayaran di seri kedua

USD 2,5 juta atau Rp 34,1 miliar (2009) enam digit. Bayaran enam digit juga diperoleh bintang utama Daisy Ridley (Rey) dan John Boyega (Finn).

Namun, angkanya berbeda-beda. Driver dan Isaac memperoleh lebih tinggi daripada Raidley dan Boyega. ’’Adam dan Isaac angka besar di enam digit itu. John dan Daisy cuma dapat USD 100 ribu–USD 300 ribu (senilai Rp 1,36 miliar–Rp 4,09 miliar),’’ terang sumber tersebut sambil menjelaska­n bahwa penentuan fee itu telah disepakati dalam kontrak yang dibuat pada 2014.

Katakanlah para pemain tersebut dibayar dengan perkiraan tertinggi. Artinya, honor Ford Rp 272 miliar itu ternyata bernilai lebih dari 60 kali lipat honor pemain baru yang hanya sekitar Rp 4 miliar.

Chris Evans (serial Captain America) Bayaran di seri pertama

USD

miliar

ribu Pendapatan film pertama USD 176,7 juta atau Rp 2,41 triliun

Bayaran di seri kedua USD 3 juta atau Rp 41 miliar (dalam The Avengers, 2012)

Untungnya, para bintang tersebut masih bisa menikmati bonus back end box office. Bonus akan cair jika film berhasil membukukan pendapatan USD 1 miliar (Rp 13,6 triliun). Tampaknya hal itu tidak muskil melihat perkembang­an pemasukan film garapan J.J. Abrams tersebut. Tembus USD 1 miliar itu juga memungkink­an para pemain film kedelapan untuk melakukan negosiasi ulang bayaran.

Kebijakan gaji rendah buat artis muda dan baru memang sudah menjadi hal umum di Hollywood. Namun, para artis memiliki kesempatan negosiasi bayaran, apalagi bila membintang­i film serial. ’’Angka kontrak pasti bakal naik di installmen­t berikutnya,’’ tulis situs film Collider. (fam/c14/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia