Jawa Pos

Kabau Sirah tanpa Liburan Natal

Hari Ini Mulai Berlatih Lagi

-

JAKARTA – Berhasil lolos ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman menjadi momentum paling berharga bagi Semen Padang FC. Itulah yang membuat tim besutan Nil Maizar tersebut enggan menyianyia­kan kesempatan itu untuk bisa lolos sampai ke babak final yang akan berlangsun­g di Stadion Gelora Bung Karno, Ja- karta, pada 24 Januari.

Di babak semifinal nanti, Kabau Sirah –Julukan Semen Padang– berhadapan dengan Pusamania Borneo FC. Leg pertama babak tersebut akan berlangsun­g di kandang Pusamania, Stadion Segiri Samarinda, pada 10 Januari. Sementara itu, leg kedua bakal berlangsun­g di Stadion Haji Agus Salim, markas Semen Padang FC, pada 16 Januari.

Nah, agar bisa maksimal di dua laga tersebut, Nil Maizar langsung memperpend­ek masa liburan para penggawany­a. Setelah menjalani laga terakhir babak delapan besar melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, 20 Desember lalu, Nil langsung memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk libur total dari aktivitas latihan hingga awal pekan depan. ’’ Tapi, setelah kami pikir-pikir, semua pemain sudah harus kembali menjalani latihan bersama-sama besok (hari ini, Red). Persiapan kami harus lebih maksimal,’’ kata Nil Maizar. Kendati bertepatan dengan Hari Raya Natal, Nil tidak peduli. Alasannya, yang merayakan Natal di skuad Semen Padang hanya satu pemain, yakni James Koko Lomell, striker mereka asal Liberia.

Mantan pelatih timnas Indonesia itu menambahka­n, saat ini semua pemain sudah berkumpul di Padang. Sementara itu, Lomell baru bergabung pada 26 Desember. ’’Khusus untuk Lomell, kami memang memberikan waktu libur bagi dia. Tapi, setelah Natal, dia sudah harus segera bergabung dengan tim,’’ ujarnya.

Dalam masa persiapan menjelang semifinal, Nil Maizar akan melakukan kombinasi latihan yang utuh bagi Hengky Ardiles dan kawankawan. ’’Selain program latihan fisik, ada strategi dan latihan teknik yang menjadi masa persiapan kami. Kalau semua berjalan maksimal, kami akan mudah untuk memenangi pertanding­an,’’ ungkapnya.

Salah seorang pemain Semen Padang, Hendra Adi Bayauw, menyatakan, mereka tidak keberatan dengan jadwal liburan yang diperpende­k tim pelatih tersebut. Sebab, menurut pemain asal Tulehu, Maluku, itu, langkah pelatih tersebut diambil demi masa depan tim di turnamen dengan hadiah utama Rp 2,5 miliar itu.

’’Kami bersikap profesiona­l saja. Tentang program latihan, kami percayakan semuanya kepada pelatih. Sebab, mereka yang lebih tahu tentang kondisi tim,’’ kata Bayauw. Terkait peluang Semen Padang di babak semifinal, Hendra tidak mau muluk-muluk. ’’ Yang penting fokus saja untuk memenangi setiap pertanding­an,’’ ujarnya. (ben/c23/tom)

 ?? ARIB BILLAH/KALTIM POST/JPG ?? DIPARKIR: Arthur Cunna (kanan) tak bisa tampil di semifinal karena mendapat kartu merah di laga sebelumnya.
ARIB BILLAH/KALTIM POST/JPG DIPARKIR: Arthur Cunna (kanan) tak bisa tampil di semifinal karena mendapat kartu merah di laga sebelumnya.
 ?? TAUFIK HIDAYAT/PADANG EKSPRES/JPG ?? INCAR JUARA: Nil Maizar saat memimpin latihan di lapangan markas Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo (18/12).
TAUFIK HIDAYAT/PADANG EKSPRES/JPG INCAR JUARA: Nil Maizar saat memimpin latihan di lapangan markas Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo (18/12).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia