Jawa Pos

Robby Darwis Puji Djanur

-

JAKARTA – Persib Bandung sedang belajar dari pengalaman pahit mereka. Hengkangny­a sejumlah pemain setelah turnamen Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman memaksa mereka harus melakukan regenerasi.

Djadjang Nurdjaman, sang pelatih, mulai memberikan kesempatan kepada pemain muda Persib untuk bersaing ke tim inti. Langkah Djanur –sapaan Djadjang Nurdjaman– itu mendapat dukungan dari sejumlah legenda Persib. Salah seorang di antara mereka, Robby Darwis. Robby menilai, Djajang termasuk salah seorang pelatih visioner karena ikut memperhati­kan masa depan klub berjuluk Maung Bandung itu dengan memperhati­kan peremajaan pemain.

’’Apa yang sudah dilakukan pelatih (Djadjang, Red) adalah langkah bagus. Tim sebesar Persib jangan sampai bergantung kepada pemainpema­in dari luar,’’ kata Robby kepada Jawa Pos Radar Bandung. ’’Memang sudah saatnya Persib melakukan regenerasi. Sebab, sejumlah pemain diperkiara­kan gantung sepatu beberapa musim lagi,’’ tandasnya.

Salah seorang legenda Persib itu pun berharap agar di antara pemainpema­in muda asal Jawa Barat yang saat ini dibidik oleh Djadjang tersebut, ada yang berposisi di center back sama dengan posisinya saat aktif menjadi pemain. Maklum, beberapa pemain muda yang bersinar bersama Persib adalah gelandang dan striker.

’’Saya menyaranka­n, untuk posisi bek agar ditempati pemain berpostur tubuh sangat tiggi,’’ lanjut mantan pemain timnas itu.

Memang, selama ini pertahanan Persib sangat kukuh di bawah Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, dan Abdul Rahman. Keberadaan mereka di lini belakang membuat Persib sukses menjuarai kompetisi Indonesia Super League 2014 dan turnamen Piala Presiden lalu. Sayang, tiga pemain tersebut hengkang.

Djajang menambahka­n, hengkangny­a sejumlah pemain pilar membuat pihaknya mendapat banyak pelajaran. Salah satu di antaranya, berusaha memaksimal­kan pembinaan pemain usia muda. ’’Persib harus memiliki pabrik pemain sendiri biar tidak terlalu bergantung kepada pemain luar,’’ harapnya. (ben/JPG/c4/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia