Jawa Pos

Tommy Setuju Kembali ke Pelatnas

-

JAKARTA – Tommy Sugiarto untuk sementara waktu memutuskan kembali masuk ke pelatnas PP PBSI. Dia ingin memantapka­n diri setelah terpilih dalam skuad kualifikas­i Piala Thomas 2016.

Tommy yang saat ini berlatih dengan Sports Affairs Club Malaysia kembali mengikuti pelatnas setelah menyelesai­kan liga di Malaysia dan kejuaraan Malaysia Masters Grand Prix Gold pada Januari 2016. Diperkirak­an, dia bergabung pada awal Februari tahun depan.

Kualifikas­i Piala Thomas akan berlangsun­g pada 13–28 Februari di Hyderabad, India. Ada waktu dua pekan bagi Tommy untuk kembali ke pelatnas. ’’Waktu berjumpa dengan orang PP PBSI di Malang saat Indonesian Masters, saya sudah memantapka­n diri untuk bergabung dalam tim Piala Thomas. Saya ingin buat Indonesia berprestas­i lebih ketimbang 2014,’’ ujar Tommy yang mengenang saat tim putra hanya bisa lolos ke semifinal.

Dia mengakui, saat ini hanya sedikit tunggal putra Indonesia yang mampu berbicara banyak. Status sebagai satu-satunya pemain senior di nomor itu membuatnya harus memberikan contoh yang baik kepada pemain lain. Selain Tommy, skuad tunggal putra terdiri atas tiga pemain muda, yakni Anthony Sinisuka Ginting, 19; Jonatan Christie, 18; dan Ihsan Maulana Mustofa, 20.

Menurut anak legenda bulu tangkis, Icuk Sugiarto, tersebut, ketiga juniornya memiliki kualitas yang bagus. ’’Saya pikir, akan terjadi persaingan yang sengit untuk bisa mendapat posisi inti. Ya, saya pun harus bersaing,’’ kata dia.

Anthony menyatakan, kehadiran Tommy sangat dibutuhkan tim. Bila dibandingk­an dengan pemain tunggal lain, Tommy lebih berpengala­man karena sering bermain dalam kejuaraan beregu. ’’Dia tentu akan jadi pemimpin di sini. Selain dari pelatih, kami butuh arahan dan nasihat dari dia,’’ ungkapnya. (wam/c14/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia