Jawa Pos

Jadwal Pelantikan Kewenangan Pusat

-

SURABAYA – KPU Surabaya akan menyampaik­an hasil penetapan pilwali ke DPRD Surabaya pekan depan. Itu merupakan tahap yang harus dilalui sebelum pelantikan Tri Rismaharin­i-Whisnu Sakti Buana sebagai wali kota- wakil wali kota periode 2015–2020.

Komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia menuturkan, pihaknya sedang menyiapkan berkas untuk dikirim ke dewan. Selain hasil penetapan pilwali, ada berkas pasangan calon. ”Semua dokumen dan persyarata­n itu ada di KPU. Ada formulir yang harus dilengkapi juga,” ungkapnya

Sesuai jadwal, KPU punya waktu sampai Selasa (29/12) untuk mengirimka­n berkas tersebut ke DPRD. Setelah itu, usulan pengesahan dan pelantikan wali kota dan wakil wali kota akan disampaika­n ke Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri).

Nurul menuturkan, teknis pelantikan menjadi urusan pemerintah pusat. Tugas KPU Surabaya hanya sampai pada penetapan pasangan calon terpilih. ”Apakah nanti dilantik gubernur, Mendagri, atau presiden, itu pemerintah yang putuskan. Tugas kami sudah selesai,” ucap dia.

Dia menuturkan, hari dan tanggal pelantikan juga diatur pemerintah. Kewenangan KPU Surabaya hanya sampai pada pengusulan pelantikan serta pengesahan wali kota dan wakil wali kota terpilih.

Sesuai tahapan, KPU Surabaya memang tidak punya tugas lain yang berkaitan dengan pasangan calon setelah penetapan. Tapi, mereka memang masih mengurusi logistik pemilihan yang ada di kantor-kantor kecamatan.

Komisioner KPU Surabaya lainnya, Miftakhul Ghufron, menuturkan bahwa penarikan logistik di Kantor KPU Surabaya dilakukan secara bertahap mulai Selasa lalu (22/12). Mereka harus memastikan tidak ada sengketa yang dilaporkan hingga ke Mahkamah Konstitusi. ”Karena sudah pasti tidak ada gugatan, logistik kami tarik,” jelasnya.

Secara teknis, logistik yang telah ditempatka­n di dalam kotak suara itu dibawa kembali ke gudang di Margomulyo. Ada petugas khusus yang datang ke kantor kecamatan dengan membawa truk untuk mengambil logistik berupa kotak, bilik, alat coblos, dan bermacam formulir terkait pilwali. (jun/c6/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia