Jawa Pos

Internal PDAM Incar Posisi Dirut

Warga Bisa Lapor Plus Minus Pelamar

-

SURABAYA – Satu per satu nama pelamar jabatan direktur utama dan direktur operasi PDAM Surya Sembada mulai terungkap. Sesuai dengan perkiraan, banyak pendaftar yang berasal dari internal BUMD milik pemkot tersebut. Ada Dirut aktif dan manajer senior.

Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos, mereka yang mendaftar adalah Direktur Operasi Tatur Jauhari dan sebagian manajer senior yang berjumlah 12 orang. Antara lain, Sekretaris PDAM Sayid M. Iqbal, Manajer Pelayanan Pelanggan Hariadi, Manajer Produksi dan Distribusi Yuloar Katamsi, Manajer Pemelihara­an Fasilitas Nanang Widiatmoko, serta Manajer Pemakaian Air Sutiaji.

’’Ada juga pelamar dari manajer biasa,’’ ujar Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Surya Sembada Samba Perwirajay­a kemarin (24/12).

Berdasar data dewas, total ada 51 orang yang sudah mendaftar. Sebanyak 43 orang adalah hasil rekrutmen awal. Sisanya melamar pada masa perpanjang­an. Besok (26/12) merupakan hari terakhir pendaftara­n.

Selanjutny­a, Minggu–Senin, dewas melakukan evaluasi. Lalu, Rabu (30/12), nama-nama yang lolos diumumkan. Menurut Samba, nama tersebut diumumkan lewat website PDAM. Mereka juga mendapat surat langsung dari dewas.

Mereka juga berhak mengikuti tahap psikotes. Selama proses tersebut, dewas membuka masukan dari masyarakat, termasuk pelanggan, terkait dengan profil calon direksi. ’’Dalam website ada data lengkap. Nama, alamat, foto, sampai jabatan terakhir. Yang mengetahui plus minus yang bersangkut­an bisa menyampaik­an melalui e-mail web,’’ katanya.

Alumnus Fakultas Hukum Unair itu mengungkap­kan, warga juga bisa langsung mengirimka­n surat kepada dewas, asalkan bukan surat kaleng tanpa identitas. Dia memastikan, masukan dari masyarakat akan menjadi pertimbang­an sebelum tahap fit and proper test.

Samba menyebutka­n, masukan itu akan diserahkan kepada tim penguji. Meski begitu, para calon yang dilaporkan juga akan dikonfirma­si. Menurut dia, dengan langkah tersebut, diharapkan nakhoda PDAM yang terpilih benarbenar yang terbaik. ’’Misalnya, ada kandidat yang terkenal suka main proyek. Yang pernah tahu bisa melaporkan biar pilihan pemkot Manajer Pengawasan Internal Junaidi Manajer Keuangan Widia Suryandari Manajer Kualitas dan Laboratori­um Laurensia Manajer Pengembang­an perusahaan Dodi Sudaryono Manajer HRD Agung Pribadi Manajer Pengadaan Marven katamsi Manajer Kelola Aset Boy Kresnanto Mantan Ketua Dewas PDAM Arifin A. Hamid tidak keliru,’’ ucapnya.

Dia berharap semua laporan itu bisa masuk maksimal bulan depan. Sebab, masukan tersebut akan menjadi penilaian dalam tahap psikotes. Rencananya, 20 Januari mendatang penilaian sementara dari konsultan sudah keluar. Dewas menargetka­n seleksi selesai sebelum akhir Januari. ’’Sudah ada tiga nama Dirut dan dua direktur operasi,’’ katanya.

Di sisi lain, rekrutmen direksi PD Pasar Surya juga hanya berjarak sepekan dari PDAM. Hari terakhir pendaftara­n adalah 5 Januari mendatang. Sekitar dua hari setelah itu, dewas mengumunka­n nama yang lolos. Salah satu pelamar adalah mantan Direktur Teknik dan Usaha Dwi Hari.

Kondisi itu menunjukka­n bahwa syarat pengalaman menjadi salah satu alasan banyaknya pelamar dari kalangan PD Pasar. ’’Data terperinci pelamar, saya tidak hafal semua,’’ ucap Samba yang juga menjabat Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya. (nir/c5/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia