Jawa Pos

Dewan Khawatirka­n Terjadi Stagnasi

-

MUNCULNYA nama-nama internal dalam daftar calon Dirut PDAM mendapatka­n sorotan dari para anggota dewan. Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansyur mengungkap­kan, kalau yang mendaftar orang dalam, yang terjadi adalah kompetisi lokal. Tidak ada perlombaan menarik dengan calon profesiona­l dari luar BUMD.

Menurut dia, kondisi itu terjadi lantaran persyarata­n calon direksi harus memiliki sertifikat pengelolaa­n air. ”Sertifikat ini jarang dimiliki orang luar. Kalau orang PDAM, jelas punya. Namanya mengotakka­n sejak awal,” katanya.

Menurut Mazlan, saat ini PDAM lebih membutuhka­n direksi yang bisa berinovasi. Penuh terobosan. Kalau dari internal, ide pengembang­an bisnisnya kurang. Yang terjadi adalah stagnasi. Namun, syarat sertifikat mengganjal pihak eksternal yang punya kemampuan untuk mendaftar. Karena itu, dia menyebut akan mengusulka­n untuk mengubah perda masalah syarat sertifikat pengelolaa­n air.

Selain itu, Mazlan masih berharap kalangan eksternal tergerak untuk mengikuti bursa calon direksi PDAM. Dia mengaku PDAM membutuhka­n penyegaran. Tujuannya meningkatk­an kualitas pelayanan. Sebab, di lapangan masih banyak warga yang belum teraliri air bersih. Yang sudah jadi pelanggan hanya bisa menikmati air pada jam-jam tertentu.

Tidak hanya itu. Orang dalam juga sering sulit diajak berubah. Kalau memang memiliki ide baru, seharusnya gagasan tersebut diterapkan di PDAM. Tapi, nyatanya belum ada perubahan berarti pada BUMD itu. ”Masak mau nyalon, ide-ide baru keluar,” kata Mazlan.

Dia juga berharap untuk PD Pasar Surya, para pendaftar direksinya berasal dari eksternal. Sebab, pelaksana tugas yang saat ini memimpin sebelumnya menjabat direktur keuangan. Menurut Mazlan, orang yang bergerak dalam bidang tersebut biasanya kaku. Padahal, PD Pasar membutuhka­n direksi yang mampu memadukan kemampuan komunikasi sekaligus urusan keuangan. ” Yang bisa marketing berkoordin­asi dengan pedagang,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, komisi B akan mengagenda­kan pertemuan dengan pemkot. Caranya memanggil bagian perekonomi­an dan asisten II. Dewan akan meminta informasi para pendaftar. Termasuk keunggulan dan kelemahan semua calon. (nir/c6/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia