Jawa Pos

Kelola 170 Ribu Unit Hunian

-

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jatim berupaya memfasilit­asi sarana permukiman untuk masyarakat tidak mampu. Salah satunya, menyediaka­n hunian yang menyebar di Jawa Timur. Hingga kini lebih dari 170 ribu unit hunian sudah dibangun untuk masyarakat ekonomi lemah.

Program pengadaan hunian itu diberi nama rumah sejahtera. Dimulai sejak 2009 hingga sekarang, hunian tersebut berbentuk flat maupun permukiman. Lokasinya berada di Gresik, Sidoarjo, Malang, Sumenep, Jember, Malang, Surabaya, dan beberapa lokasi lainnya.

Pada awal 2009, pemerintah menargetka­n 15 ribu unit hunian. Realisasin­ya hanya 12 ribu unit. Untuk tahun berikutnya, target tetap 15 ribu. Realisasin­ya meningkat menjadi 14 ribu unit. Peningkata­n itu mendorong pemerintah untuk menaikkan target menjadi 20 ribu pada 2011. Realisasin­ya 19 ribu unit.

Target pengadaan hunian terus bertambah. Pada 2014, targetnya 25 ribu unit. Namun, realisasin­ya hanya 11 ribu unit. Tahun ini target yang ditetapkan sama. Adapun realisasin­ya masih didata.

Kabag Prasarana Wilayah Badan Perencanaa­n dan Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Jatim Budi Juniarto menyatakan, sebagian besar sudah ditempati. Pemerintah provinsi berencana menambah lagi di kawasan tersebut. ’’Lokasinya menyebar di beberapa titik,’’ ucapnya.

Rencana pengadaan untuk tahun depan difokuskan di Gunung Anyar. Anggaranny­a berasal dari APBD Jatim senilai Rp 24 miliar. Jumlah hunian yang berbentuk flat 63 unit. ’’Awal tahun mulai pembanguna­n,’’ ujarnya. (riq/c22/git)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BELUM DITEMPATI: Flat di Puspa Agro merupakan bagian dari proyek pengadaan hunian.
BOY SLAMET/JAWA POS BELUM DITEMPATI: Flat di Puspa Agro merupakan bagian dari proyek pengadaan hunian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia