Jawa Pos

Berkas Bandar 3,8 Kg Sabu-Sabu Masuk PN

Terancam Hukuman Mati

-

SURABAYA kemudian diparkir di pinggir Jalan Dupak Bangunsari.

Petugas berhasil menangkap Sucipto di Bandara Juanda Surabaya dua pekan kemudian. Saat itu Sucipto baru saja kembali dari usaha melarikan diri. Diduga, dia akan mengambil lagi mobil berisi sabusabu senilai puluhan miliar yang ditinggalk­annya tersebut.

Kasipidum Kejari Tanjung Perak Ahmad Pathoni menyatakan, saat ini Sucipto ditahan di Rutan Medaeng. Menurut dia, pelaku dijerat dengan dua pasal sekaligus. Yaitu, pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 UndangUnda­ng Narkotika. ”Ancaman hukuman tertinggi, pidana mati,” jelasnya.

Saat ditanya apakah akan dituntut hukuman mati, Pathoni menolak berandaian­dai. Menurut dia, tuntutan berdasar pada fakta yang terungkap dalam sidang. Selain itu, ada parameter untuk tuntutan hukuman. Karena itulah, dia menolak terburu-buru menyimpulk­an bahwa pelaku akan dituntut hukuman mati.

Pelaku narkoba dengan barang bukti kiloan semakin banyak. Sebelumnya, ada Budiman dan Arifin dengan barang bukti 8 kilogram sabu-sabu. Jaksa menuntut mereka dengan hukuman mati. Tuntutan tersebut tidak dikabulkan hakim. Hakim menghukum Budiman dengan pidana seumur hidup. Sedangkan Arifin dihukum 20 tahun penjara.

Sebelumnya, tiga bandar dituntut hukuman mati. Mereka adalah Ali Tokman, Alfon Soesilo, Freddy Tedja Abdi, dan Rendy. Mereka ditangkap karena memiliki 6,1 kg sabu-sabu. Hakim memvonis Ali dan Freddy dengan hukuman mati. Sedangkan dua orang lainnya dihukum 20 tahun penjara.

Terbaru, tiga terdakwa pemilik 2,1 kilogram sabu-sabu dan 9.995 ekstasi dituntut hukuman mati. Mereka adalah Rujian, Iskandar Zulkarnain, dan M. Yunus. Saat ini mereka masih mengajukan pembelaan. Rencananya, hakim membacakan putusan pekan depan. (eko/c22/ady)

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/ JAWA POS ?? KOOPERATIF: Nelson Sembiring (kanan) setelah mendengark­an vonis hakim Jumat (18/12).
HARITSAH ALMUDATSIR/ JAWA POS KOOPERATIF: Nelson Sembiring (kanan) setelah mendengark­an vonis hakim Jumat (18/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia