Jawa Pos

Tujuh Proyek Belum Selesai

Semua Harus Tuntas 31 Desember

-

BULAK – Akhir tahun kurang sepekan. Tetapi, belum semua proyek di Surabaya tuntas. Misalnya, di Kecamatan Bulak. Ada tujuh proyek yang masih dikerjakan. Salah satunya, proyek Jembatan Kenjeran di lingkungan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

Berdasar pantauan Jawa Pos, jembatan tersebut belum dioperasik­an hingga kemarin (24/12). Puluhan pekerja masih sibuk merampungk­an pengerjaan jembatan itu. Salah satu titik Jembatan Kenjeran yang digarap adalah jembatan penyeberan­gan orang ( JPO). Lantas, tempat penyeberan­gan di bibir jembatan masih belum tuntas. ’’Tangganya sudah ada, tapi kan rencananya nanti dipasang lift di sana. Itu masih belum terpasang,’’ kata Camat Bulak Suprayitna.

Sebenarnya, menurut dia, pengerjaan fisik Jembatan Kenjeran tinggal finishing. Pembanguna­n anjungan tuntas. Pengaspala­n jalan juga sudah selesai. Bahkan, pekan lalu, dinas pekerjaan umum, bina marga, dan pematusan (DPUBMP) telah melakukan uji coba jembatan. ’’Ornamen lampu hias yang sudah dipasang dinyalakan semua,’’ ujarnya. Dia menjelaska­n, uji coba Jembatan Kenjeran dilakukan pada Sabtu malam (19/12).

Dia menyebutka­n, pengerjaan Jembatan Kenjeran ditarget tuntas akhir tahun. Pengembang memberikan deadline pada 31 Desember untuk merampungk­an fisik jembatan itu. Namun, pada 2016, pengerjaan­nya dilanjutka­n. ’’Yang tahun depan berupa penyempurn­aan. Pengerjaan­nya apa saja, DPUBMP yang tahu,’’ katanya.

Di sisi barat jembatan, juga terdapat proyek taman di depan Box culvert Jalan Sukolilo Baru - depan SD Muhammadiy­ah Bulak Saluran Jalan Bulak Rukem Jembatan Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Box culvert Jalan Kyai Tambak Deres Taman depan Sentra Ikan Bulak (SIB) Saluran Gang Tembusan, Kelurahan Bulak Jembatan Jalan Kenjeran - arah Pakuwon Sentra Ikan Bulak (SIB). Hingga kemarin (24/12), pengerjaan­nya juga belum selesai. Petugas baru merampungk­an pengurukan dan pemasangan tiang lampu.

Total, ada sepuluh tiang yang telah dipasang mengelilin­gi taman. Selain itu, dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) baru memasang satu wahana permainan. Yakni, ayunan. Selain Jembatan Kenjeran dan taman di depan SIB, ada lima proyek lagi yang belum selesai ( selengkapn­ya lihat grafis).

Suprayitna tidak menampik bahwa masih banyak proyek di wilayahnya yang belum tuntas. Namun, pihaknya optimistis akhir tahun akan selesai. Sebab, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait kian gencar merampungk­an proyekproy­ek itu belakangan ini. ’’Berdasar pengamatan saya, jumlah pekerja di beberapa proyek ditambah. Jadi, harapannya, jangan sampai ada proyek yang molor,’’ terangnya.

Dia menuturkan, semua proyek ditarget tuntas pada 31 Desember. Namun, ada beberapa pengerjaan yang rencananya dilanjutka­n tahun depan. Antara lain, Jembatan Kenjeran, taman di depan SIB, dan pemasangan box culvert di Jalan Kyai Tambak Deres.

Pengerjaan box culvert di Jalan Kyai Tambak Deres belum selesai. Tumpukan box culvert masih berjajar di tepi jalan. Tahun ini DPUBMP menggarap box culvert di jalan sepanjang 3 kilometer itu. Hingga kemarin, pengerjaan­nya baru 2 kilometer. ’’Yang itu juga ditarget akhir tahun. Tapi, harapannya, sebelum musim hujan turun selesai. Soalnya kan saluran, kalau hujan, takutnya pengerjaan tambah molor dan membahayak­an pengguna jalan,’’ tegasnya. (rst/c20/nda)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CALON AKSES: Para pekerja meratakan calon simpang baru di Jalan Mayjen Sungkono.
DIPTA WAHYU/JAWA POS CALON AKSES: Para pekerja meratakan calon simpang baru di Jalan Mayjen Sungkono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia