Jawa Pos

Siaga 24 Jam Amankan Misa Natal

-

SIDOARJO – Jajaran kepolisian berusaha memastikan tidak ada gangguan keamanan selama pelaksanaa­n misa Natal. Kemarin (24/12), sebelum misa pertama berlangsun­g, petugas melakukan penyisiran di gereja. Selain personel dari Polres Sidoarjo, penyisiran di- up tim penjinak bom dari Polda Jatim. Salah satu gereja yang disisir adalah Gereja Katolik Santo Paulus di Jalan Raya Juanda, Gedangan.

Di setiap sudut gereja, petugas memeriksa dengan menggunaka­n detector. Mulai tempat duduk, panggung, dan kamar mandi. Halaman gereja, taman, dan tempat parkir juga tidak luput dari pemeriksaa­n. ’’Semua gereja di Sidoarjo kita sterilisas­i. Dengan begitu, jika ada benda yang mencurigak­an, bisa langsung diantisipa­si,’’ kata Kapolres Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir.

Dalam penyisiran tersebut, tim penjinak bom memberi perhatian pada tujuh gereja dengan jumlah jemaat terbanyak. Yakni, Gereja Jemaat Elohim, Gereja Santa Maria Annuntuata, Gereja Kristen Indonesia, GPIB Bethesda, Gereja Mawar Sharon, Gereja Santo Paulus, dan Gereja Salib Suci.

Meski begitu, Anwar memastikan bahwa sterilisas­i terhadap gereja-gereja lain tetap dilakukan. ’’Semua gereja tetap diperiksa meski memang kita prioritask­an gereja dengan banyak jemaat karena lebih rawan,’’ jelasnya.

Mantan Kapolres Nganjuk itu mengungkap­kan, setelah melakukan sterilisas­i, personel keamanan akan mengawasi selama 24 jam. Dengan begitu, diharapkan, umat Kristiani bisa merasa aman dan dapat beribadah dengan khusyuk. ’’Ada 73 gereja di Sidoarjo. Semuanya sudah mendapatka­n penjagaan dari personel,’’ ucapnya. (edi/c20/fal)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? back
metal KHIDMAT: Jemaat Gereja Katolik Paroki Santa Maria Annuntuata Sidoarjo melaksanak­an misa pertama kemarin petang. Misa diikuti sekitar 4.000 jemaat.
BOY SLAMET/JAWA POS back metal KHIDMAT: Jemaat Gereja Katolik Paroki Santa Maria Annuntuata Sidoarjo melaksanak­an misa pertama kemarin petang. Misa diikuti sekitar 4.000 jemaat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia