Jawa Pos

Serapan Anggaran Cuma 70,16 Persen

-

SIDOARJO – Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 tinggal menghitung hari. Namun, sejauh ini serapan APBD Sidoarjo belum optimal. Dari anggaran tahun ini yang mencapai Rp 4,2 triliun, serapan hanya 70,16 persen.

Kabid Kuasa Bendahara Umum Daerah Dinas Pendapatan Pengelolaa­n Keuangan dan Aset (DPPKA) Sidoarjo Chusnul Inayah menyatakan, pihaknya terus mencairkan anggaran untuk kegiatan yang sudah dilaksanak­an. Menjelang akhir tahun, semakin banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mengajukan pencairan.

Dari data yang didapat Jawa Pos, sampai 22 Desember lalu, dari total anggaran Rp 4.221.534.146.573, yang terserap hanya Rp 2.961.758.079.339 atau 70,16 persen. Anggaran paling banyak terserap untuk belanja tidak langsung. Misalnya, gaji pegawai, tunjangan profesi guru, dan bantuan sosial ( lihat grafis).

Menurut Inayah, yang termasuk belanja langsung adalah kegiatan atau program. Misalnya, proyek-proyek pembanguna­n. Baik proyek jalan, gedung perkantora­n, gedung sekolah, maupun proyek fisik lain. Angka serapan itu berdasar dana yang sudah dicairkan, bukan berdasar laporan keuangan yang telah dibuat SKPD.

Anggaran yang belum terserap mencapai Rp 1,3 triliun (29,84 persen). Menurut Inayah, yang paling banyak belum terserap adalah anggaran untuk proyek-proyek fisik. ’’Kalau belanja tidak langsung, tinggal sedikit yang belum terealisas­i,’’ jelasnya.

Kepastian data serapan anggaran akan diketahui setelah SKPD menyerahka­n laporan. Sampai saat ini, laporan keuangan masih disusun. Dengan begitu, belum semua anggaran yang digunakan masuk laporan. Batas pencairan anggaran masih lima hari lagi, yakni sampai 31 Desember. Setelah itu, baru diketahui anggaran apa saja yang belum terserap.

Kepala DPPKA Djoko Sartono menyatakan, serapan masih akan terus berjalan karena belum tutup tahun. Persentase serapan juga belum diketahui pasti. Yang jelas, nilai realisasi anggaran akan terus bertambah. ’’Kita tunggu saja sampai akhir bulan ini,’’ ujar pejabat asal Ponorogo itu. (lum/c5/hud)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia