Jawa Pos

Urang Agung Alternatif Wisata Cagar Budaya

-

SIDOARJO – Situs Urang Agung di Kelurahan Urang Agung, Sidoarjo, belakangan makin ramai dikunjungi warga. Terutama saat musim liburan seperti kemarin (24/12). Mereka penasaran dengan lokasi yang ditemukan pada 5 Oktober tersebut.

Banyak warga yang datang secara rombongan. Tidak hanya dari Sidoarjo, banyak pula yang berasal dari luar kota. Salah satunya, Heru Bertus Sutamrin. Pria asal Blitar itu datang bersama istri dan anaknya. ’’Wah, segar sekali,’’ ucapnya setelah mencuci muka dengan air yang diambil dari situs Urang Agung tersebut.

Ahmad Faruq, salah seorang pengurus situs Urang Agung, menyatakan bahwa memang cukup banyak warga yang datang. Tidak hanya dari Blitar, banyak pengunjung dari Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Jombang, dan daerah lain. Sejak diberitaka­n di media, tempat tersebut semakin terkenal.

Karena itu, pihaknya pun melindungi situs itu agar tidak rusak. Caranya, mendirikan bangunan semiperman­en yang menjadi atap. Selain itu, sekeliling­nya juga diberi pagar bambu. Kini pengunjung tidak bisa masuk ke kolam. Mereka cukup melihat di samping pagar. ’’Agar tidak rusak,’’ jelasnya.

Beberapa pejabat dan ahli juga sudah meninjau situs itu. Menurut dia, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo sudah pernah datang untuk mengambil sampel air. Setelah itu, ahli dari Balai Pelestaria­n Cagar Budaya (BPCB) Jatim juga datang untuk melakukan survei.

Tidak hanya itu, tim dari Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS) juga pernah datang. Mereka ingin mengetahui adanya bagian bangunan kuno yang tersambung dengan situs tersebut. Berdasar survei yang dilakukan, situs itu cukup panjang. Bagian di sisi utara memanjang sampai 15 meter, sisi selatan 13 meter, dan sisi timur dan barat 5 meter.

Bahkan, dia mengungkap­kan, rencananya, musisi kawakan Iwan Fals akan ber kunjung ke situs tersebut. Sebelum ke Urang Agung, Iwan akan berkunjung ke Trowulan. Agen travel yang akan mem bawa musisi itu sudah pesan makanan kepada warga. Yang datang cukup banyak, empat bus. ’’ Kepastiann­ya besok ( hari ini),’’ tuturnya. ( lum/ c20/ hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BELUM OPTIMAL: Situs di Kelurahan Urang Agung makin banyak didatangi warga. Selain warga dari Sidoarjo, ada pengunjung dari luar kota.
BOY SLAMET/JAWA POS BELUM OPTIMAL: Situs di Kelurahan Urang Agung makin banyak didatangi warga. Selain warga dari Sidoarjo, ada pengunjung dari luar kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia