Jawa Pos

Sosialisas­i Antisipasi dan Penanggula­ngan Bencana

-

GRESIK – Banyak persoalan sosial dan layanan publik yang perlu mendapat perhatian dari eksekutif dan legislatif di Gresik. Salah satunya adalah penanggula­ngan bencana. Mengacu pada regulasi, pemkab memang menjadi

penanganan bencana. Meski demikian, dibutuhkan kontribusi dari warga agar bencana bisa diantisipa­si sejak dini. ’’Karena itu, masyarakat perlu memahami regulasi ini,’’ kata Ketua Komisi B Abdullah Munir saat sosialisas­i di Desa Kalipadang, Benjeng.

Dalam sosialisas­i tersebut, Munir memang memilih daerah yang masuk kategori rawan bencana. Dia menyebutka­n, sampai saat ini, pemahaman masyarakat terhadap penanganan bencana belum maksimal. ’’Karena itu, sosialisas­i ini kami fokuskan di daerah rawan,’’ katanya.

Dia menjelaska­n, ke depan, penanggula­ngan bencana tetap dikoordina­si badan penanggula­ngan bencana daerah (BPBD). Meski demikian, masyarakat harus ikut dilibatkan. Mulai pemberian informasi dini bencana hingga pemberian kemampuan dasar penanggula­ngan bencana.

Selain itu, masyarakat berkesempa­tan memberikan masukan tentang potensi bencana. ’’Misalnya, jika ada daerah rawan banjir, masyarakat bisa memberikan informasi agar segera ada antisipasi,’’ katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Syaikhu Busiri dalam sosialisas­i di Kecamatan Kebomas memaparkan masalah administra­si kependuduk­an. ’’Sampai saat ini, belum semua memahami regulasi tentang dokumen kependuduk­an,’’ ujarnya.

Misalnya, hak masyarakat untuk mengajukan komplain ketika pengurusan dokumen kependuduk­an sulit. ’’Ada saluran bagi warga untuk melaporkan jika mengalami hal seperti itu,’’ katanya.

Syaikhu menyatakan, petugas pencatat dan pembuat dokumen kependuduk­an wajib memberikan pelayanan maksimal dan setara bagi semua warga Gresik. ’’Selain itu, ada kode etik yang harus dijaga. Misalnya, perlindung­an atas data pribadi tidak sampai diketahui orang lain,’’ ucapnya. Menurut Syaikhu, dokumen kependuduk­an merupakan bentuk pengakuan negara bahwa yang bersangkut­an adalah warga. (ris/c5/dio)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? ISU AKTIVITAS TAMBANG: Asroin Widyana (tengah) saat sosialisas­i di Desa Delegan, Panceng.
ARIS IMAM/JAWA POS ISU AKTIVITAS TAMBANG: Asroin Widyana (tengah) saat sosialisas­i di Desa Delegan, Panceng.
 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? Syaikhu Busiri
leading sector
ARIS IMAM/JAWA POS Syaikhu Busiri leading sector

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia