Jawa Pos

Bisa Angkat Koper sebelum Tahun Baru

-

STOKE-ON-TRENT – Kalau Louis van Gaal sampai marah-marah dalam jumpa pers sehari sebelum Natal, itu wajar. Sebab, posisinya sebagai manajer Manchester United kian terjepit dan spekulasi pemecatann­ya makin santer terdengar.

Kemarin (26/12) harian The Independen­t bahkan melansir, pelatih asal Belanda itu bakal didepak jika kalah dalam satu atau dua laga ke depan

Merujuk ke spekulasi itu, Van Gaal bisa kehilangan pekerjaan jika United kembali kalah saat dijamu Stoke City dalam duel Boxing Day malam nanti WIB. Atau dalam laga berikutnya melawan Chelsea, tiga hari setelah melawat ke Britannia Stadium.

Kendati marah kepada media Inggris karena terus dispekulas­ikan, Van Gaal pun, tampaknya, sadar dengan risiko pemecatan di depan mata tersebut. ”Besok (malam nanti, Red) kami harus menang,” ujar Van Gaal dalam wawancara dengan MUTV.

Persoalann­ya, performa United tengah hancur. Dalam tiga laga terakhir, United terus kalah. Sepanjang Desember, tim berjuluk Setan Merah itu hanya meraup satu poin di Premier League. Juga, sudah tersingkir di Champions League.

Karena itu, menaklukka­n Stoke di Britannia menjadi tugas yang tidak mudah bagi Wayne Rooney dkk. Apalagi, di tempat yang sama, The Potters –julukan Stoke– pernah mempermalu­kan Manchester City pada 5 Desember lalu.

”Memang tidak akan mudah mengalahka­n Stoke. Tapi, kami akan fokus dengan diri kami sendiri,” ungkapnya.

Musim lalu United tidak mampu mengalahka­n Stoke dan Chelsea. Itu berarti, merujuk ke spekulasi The Independen­t di atas, Van Gaal harus bersiap mengemasi koper sebelum pesta tahun baru.

Apalagi, dua calon penggantin­ya sudah berhari-hari dielus media Inggris: Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Kemarin The Inde- pendent melansir, Pep sudah bilang ke beberapa rekan bahwa dirinya akan lebih memilih United setelah kontraknya dengan Bayern Muenchen berakhir di pengujung musim ini.

”Pep selalu menyukai klub dengan tradisi besar, bukan sekadar klub yang ambisius. Faktor itu lebih dimiliki United ketimbang (Manchester) City (yang juga meminatiny­a, Red),” ujar sumber dekat Pep seperti dikutip The Independen­t.

Namun, berbeda dengan Mourinho yang bisa merapat ke Old Trafford secepatnya setelah dipecat Chelsea, Pep harus menunggu sampai akhir musim ini. Persoalann­ya, United sangat membutuhka­n suasana baru secepatnya jika terbukti Van Gaal gagal menghadirk­an kemenangan di dua laga terdekat. (ren/c10/ttg)

 ?? PETER POWELL/EPA ?? Louis van Gaal
PETER POWELL/EPA Louis van Gaal
 ?? Baca SPORTAINME­NT ?? Jose Mourinho
Pep Guardiola Kado Natal buat Tinkerman
Baca SPORTAINME­NT Jose Mourinho Pep Guardiola Kado Natal buat Tinkerman
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia