Jawa Pos

Ketika Donald Kian Tak Diminati

-

DENGAN ulah kontrovers­ial Donald Trump, wajar jika orang tua di mana saja akan berpikir seribu kali saat akan menamai anak mereka mirip dengan bakal calon presiden Amerika Serikat itu. Tak terkecuali di Inggris.

Sebuah survei yang diadakan Bounty.com menemukan, Donald termasuk nama depan yang terancam punah

Sebagaiman­a dilansir Daily Telegraph kemarin (25/12), di seantero Inggris Raya, dari 340 ribu member Bounty.com yang disurvei, hanya ada 10 bayi yang lahir di sepanjang 2015 yang diberi nama Donald.

Donald pun berada di posisi ketiga daftar nama paling minim diminati, di belakang Rodney (hanya dua bayi di 2015 yang dinamai demikian) dan Derek (9). Sementara itu, di bagian putri, tiga besar paling terancam punah adalah Janet (7), Dawn (8), dan Susan (9).

Di Inggris Raya, Rodney, Derek, dan Donald memang termasuk nama kuno. Tapi, bukan berarti nama-nama yang lebih ”kontempore­r” juga tidak terancam. Misalnya, Riley, Kai, dan Tyler. Striker Man chester United Wayne Rooney termasuk yang menamai anaknya yang lahir pada 2009 Kai.

”Tren penggunaan nama-nama lama memang tengah kurang diminati orang tua zaman sekarang,” kata Lisa Penney, juru bicara Bounty.com, sebagaiman­a dikutip Daily Telegraph.

Menurut Penney, penamaan yang merujuk kepada pesohor belakangan menguat. Tapi, anehnya, ketika Pangeran William dan istrinya, Kate, menamai anak kedua mereka Charlotte yang juga termasuk nama lawas, pengaruhny­a kecil sekali.

Belum diketahui apakah namanama lawas di negara-negara lain juga bernasib serupa di Inggris Raya. Jangan-jangan, lima tahun ke depan sudah tak ada orang tua yang berminat menamai anakanak mereka Sofyan atau Hendra, misalnya, hehehe…( c17/ttg)

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia