Jawa Pos

Pembangkit Terapung Pasok Suluttengg­o

-

JAKARTA – Ketangguha­n PLTG apung Karadeniz Powership Zeynep Sultan 120 mw yang didatangka­n dari Turki segera diuji. Kemarin (24/12) kapal yang ongkos sewanya sekitar Rp 870 per kwh itu sudah sampai di dekat PLTU Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Antara 1–2 minggu, kapal itu akan dipersiapk­an untuk membantu sistem kelistrika­n Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttengg­o) yang defisit. Nanti listrik yang dihasilkan digunakan untuk menyuplai listrik sampai 5 tahun. ’’Kapal itu bisa mengatasi kekurangan pasokan listrik yang beberapa tahun ini selalu dikeluhkan,’’ ujar GM PLN Suluttengg­o Baringin Nababan.

Saat ini beban puncak sistem kelistrika­n Sulawesi Utara dan Gorontalo mencapai 325 mw. Sementara itu, kemampuan suplai dari pembangkit yang ada hanya 273 mw. Artinya, ada kekurangan pasokan 53 mw. Waktu sampai dua minggu diperlukan untuk menyesuaik­an Karpower maupun transmisi PLN.

Selain mengandalk­an Zeynep Sultan 120 mw, PLN menguji keandalan PLTG Gorontalo 100 mw. Untuk tahap pertama, pembangkit tersebut diharapkan bisa energized 50 mw. Jadi, defisit listrik bisa berkurang menjadi 3 mw. ’’Nanti langsung disuplai ke sistem Sulawesi Utara dan Gorontalo,’’ paparnya.

Beroperasi­nya kapal asal Turki itu untuk menerangi Suluttengg­o menjadi penting karena pemerintah perlu mendapat bukti nyata. Kapal yang rencananya ditambah tiga lagi tersebut benar-benar bisa menjadi solusi jangka pendek kelistrika­n Nusantara. Apalagi, sewanya tergolong mahal meski lebih murah dibandingk­an dengan sewa diesel.

Dirut PLN Sofyan Basir sebelum ini menuturkan, proyek pembangkit di Suluttengg­o akan memakan waktu 2–3 tahun lagi. Sembari menunggu pembangkit itu beres, pemerintah mengirimka­n Zeynep Sultan 120 mw. Sebab, kekurangan listrik di wilayah tersebut sudah parah dan terus terjadi pemadaman bergilir.

Kapal itu menjadi andalan sambil menunggu proyek pembangkit beres karena bisa mobile. Selain itu, kapal cukup menggunaka­n bahan bakar oil (HFO) dan gas bumi. Karena itu, PLN mengklaim biaya operasiona­lnya lebih murah daripada PLTD yang pakai solar. (dim/c15/oki)

 ??  ?? heavy fuel
heavy fuel
 ?? PLN SULUTTENGG­O FOR JAWA POS ?? TEKAN DEFISIT: Pembangkit apung mendekati PLTU Amurang, Minahasa Selatan, kemarin.
PLN SULUTTENGG­O FOR JAWA POS TEKAN DEFISIT: Pembangkit apung mendekati PLTU Amurang, Minahasa Selatan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia