Jawa Pos

Harga BBM Turun, Inflasi Melandai

-

JAKARTA – Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 5 Januari 2016 diperkirak­an berdampak positif pada inflasi. Meski penurunan harganya relatif kecil, tekanan inflasi pada 2016 dapat berkurang.

’’Cukup membantu mengurangi inflasi pada 2016. Dampak langsungny­a akan mengurangi inflasi sekitar 0,2 persen,’’ papar Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo kemarin (25/12).

Sebagaiman­a diwartakan, pemerintah memutuskan menurunkan harga BBM jenis premium dan solar. Harga premium menjadi Rp 7.150 per liter dan solar Rp 5.950 per liter. Sebelumnya, harga premium mencapai Rp 7.400 per liter dan harga solar Rp 6.700 per liter. Harga baru tersebut berlaku pada 5 Januari 2016. ’’Premium yang dikonsumsi 90 persen warga mengalami penurunan harga hanya 4 persen. Harga solar turun 10 persen,’’ katanya.

Selain dampak langsung, keputusan pemerintah itu memengaruh­i hargaharga barang lain. Penurunan harga BBM membantu mengendali­kan harga barang, termasuk kebutuhan pokok tahun depan. ’’Dampak tidak langsungny­a, perubahan harga barang lain akan terjaga relatif moderat,’’ ujar Sasmito.

Terkait dengan prediksi inflasi tahun depan, dia meyakini bahwa target 4 persen plus minus 1 persen bisa tercapai. Apalagi, kondisi perekonomi­an tahun depan diproyeksi­kan membaik oleh banyak pihak. ’’Rasanya berada dalam interval kesepakata­n pemerintah, BI (Bank Indonesia) dan DPR,’’ ungkapnya.

Ekonom Indef Didik J. Rachbini mengungkap­kan, tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatir­kan soal capaian inflasi ke depan. ’’Pertama, dari sektor keuangan atau moneter, relatif tidak terjadi gejolak fluktuasi uang yang sangat tajam seperti bulan-bulan sebelumnya,’’ jelasnya kemarin.

Sebab, BI dan seluruh pihak berupaya bisa menjaga volatilita­s nilai tukar. Langkah BI melalui Tim Pengendali­an Inflasi Daerah (TPID) yang tersebar di berbagai daerah cukup membuahkan hasil. Koordinasi TPID mengakibat­kan capaian inflasi berada di angka yang rendah dan cukup terjaga. (ken/dee/c14/oki)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? DUKUNG PENUH: Produk jamu di sebuah gerai di Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS DUKUNG PENUH: Produk jamu di sebuah gerai di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia