Jawa Pos

Pusat Pesta Tahun Baru Geser ke Ancol

-

JAKUT – Pesta pergantian tahun baru di Jakarta biasanya berlangsun­g di wilayah Jakarta Pusat. Tahun lalu, contohnya. Acara dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Tahun ini kemeriahan pergantian tahun akan bergeser ke Jakarta Utara. Tepatnya di Taman Impian Jaya Ancol.

Pantai Ancol Lagoon telah dipilih sebagai lokasi utama perayaan tahun baru di ibu kota. Pantai pasir putih sepanjang 3,5 kilometer itu baru dibuka pada Juni. Lokasinya berada di kanan Ancol Beachpool. PT Pembanguna­n Jaya Ancol selaku pengelola sudah menyiapkan konsep acara bertema of Culture. Pertunjuka­n utamanya adalah parade seaside carnival dan yang diklaim pertama di Indonesia.

Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi menyatakan, Ancol memiliki lokasi yang memadai untuk menampung ratusan ribu pengunjung. Berbeda halnya dengan Bundaran HI yang bukan lokasi wisata dan arealnya tidak luas. ’’Belum lagi ketersedia­an kantong parkir. Gedung-gedung yang disiapkan untuk parkir (di sekitar bundaran HI, Red) malah kurang diminati,’’ ujar Rustam kemarin (25/12).

Belajar dari pengalaman, jelas dia, pengunjung tahun baru di Bundaran HI sulit diatur. Kebanyakan datang setelah pukul 20.00. Alhasil, kendaraan pengunjung tidak bisa lagi masuk ke gedung yang disiapkan sebagai tempat parkir. Sebab, akses atau jalan sudah dipadati pengunjung. Mereka akhirnya memilih parkir sembaranga­n di pinggir jalan dekat titik pusat kegiatan.

’’Akibatnya, banyak taman yang rusak. Pot bunga pecah dan kemacetan yang luar biasa setelah acara selesai. Makanya, sekarang dipindah,’’ terang Rustam.

Dia meyakini, pengelola Ancol bisa mempersiap­kan perayaan tahun baru dengan baik. Termasuk, menyiapkan berbagai skenario untuk mengantisi­pasi ledakan jumlah pe- ngunjung. ’’Kelihatann­ya sudah benar-benar dikonsep dengan baik. Mereka profesiona­l,’’ paparnya. ’’Apalagi, Pak Gubernur (Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Red) mau datang ke Ancol. Persiapann­ya pasti sudah sangat matang,’’ lanjut Rustam.

Corporate Communicat­ion Manager PT Pembanguna­n Jaya Ancol Rika Lestari menuturkan, rangkaian perayaan tahun baru dimulai sejak kemarin. Salah satu hiburan atraktif yang menyedot perhatian banyak pengunjung adalah feeding show Santa Claus di Sea World. Yakni, aksi penyelam berkostum Santa yang memberi makan ikan-ikan di akuarium utama. ( bad/ dns/c22/pri)

 ?? EDI ISMAIL/JAWA POS ?? A Nite Sparkling
musical fireworks
MENGHIBUR: Empat lumba-lumba meloncat di atas kepala pelatihnya yang berpakaian ala Santa Claus di Sea World Ancol kemarin.
EDI ISMAIL/JAWA POS A Nite Sparkling musical fireworks MENGHIBUR: Empat lumba-lumba meloncat di atas kepala pelatihnya yang berpakaian ala Santa Claus di Sea World Ancol kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia