Jawa Pos

Jamaah Umrah Telantar

Tanpa Alasan Pasti Belum Diterbangk­an

-

DELI SERDANG – Puluhan calon jamaah umrah yang diterbangk­an melalui Citra Mulia Tour & Travel diduga ditelantar­kan di Kualanamu Internasio­nal Airport (KNIA). Hingga kini, biro perjalanan itu belum memberangk­atkan mereka dari bandara yang masuk wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara, tersebut.

Berdasar informasi yang dihimpun, mereka direncanak­an berangkat pada 21 Desember lalu. Namun, puluhan calon jamaah umrah itu belum diterbangk­an tanpa mendapat alasan yang pasti.

’’Ada sekitar 90 jamaah yang masih belum terbang (berangkat, Red). Belum ada keputusan jelas dari travel yang memberangk­atkan kami,’’ kata salah seorang jamaah umrah, Makhruf, kemarin sore (25/12).

Mereka pun sempat berkumpul di lantai Mezzanine terminal penumpang KNIA untuk menunggu kepastian jadwal keberangka­tan. Makhruf berharap media massa dapat mengikuti perkembang­an nasib mereka.

’’Sebelumnya, terima kasih pak. Tolong ikuti perkembang­an kami,’’ ujar calon jamaah umrah dari Aceh tersebut. Dia menyebutka­n bahwa biro perjalanan yang ditengarai menelantar­kan mereka itu beralamat di Jalan Bajak 15. ’’ Posisinya di tengah sawah dan pusatnya di Jakarta,’’ lanjutnya.

Menurut calon jamaah umrah, pihak travel beralasan ada kendala teknis soal visa perjalanan mereka ke Makkah. Padahal, setiap jamaah membayar biaya administra­si Rp 25 juta dan merencanak­an persiapann­ya ke Makkah sejak lima bulan lalu.

Manager Airport Duty KNIA M. Syukur terkejut mendengar kabar tersebut. ’’Saya mengira, para calon jamaah umrah berangkat pukul 07.00 karena memang jam itu ada pesawat ke Jeddah yang gabung dengan jamaah (umrah) lain. Saya belum terima laporan dari pihak travel,’’ ungkapnya ketika dikonfirma­si melalui telepon seluler.

Syukur mengakui, puluhan calon penumpang yang merupakan calon jamaah umrah bermalam di lantai Mezzanine. ’’Mereka gelar tikar di situ (lantai Mezzanine, Red). Ada banyak lah. Saya kira lebih dari 10. Katanya, ada 90 jamaah,’’ terang dia.

Manajer Pengamanan KNIA Kuswadi membenarka­n adanya calon penumpang yang belum diterbangk­an. Menurut dia, sudah dua malam para calon jamaah umrah itu berada di KNIA. (ted/JPG/c14/diq)

 ?? IRWASNYAH/SUMATERA EKSPRES ?? DORONG: Hujan deras yang mengguyur Palembang pada Kamis (24/12) membuat sejumlah ruas jalan tergenang air cukup tinggi.
IRWASNYAH/SUMATERA EKSPRES DORONG: Hujan deras yang mengguyur Palembang pada Kamis (24/12) membuat sejumlah ruas jalan tergenang air cukup tinggi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia