Jawa Pos

Harus Pakai Rakit untuk ke Pantai

Pulau Mangkai, Kabupaten Anambas, yang Tak Berpenghun­i Sejumlah pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pulau Mangkai, salah satunya.

-

PULAU terluar menjadi wilayah terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, Pulau Mangkai, Anambas, Kepulauan Riau, tidak menunjukka­n sebagai pintu masuk yang bisa dibanggaka­n.

Hingga kini, pulau tersebut belum tersentuh pembanguna­n secara maksimal. Apalagi pulau yang luasnya sekitar belasan hektare tersebut tidak berpenghun­i. Padahal, banyak potensi yang bisa dikembangk­an di daerah itu. Misalnya, pemandanga­n alamnya yang memukau. Terutama di bawah laut.

’’Saya tidak pernah diving di sekitar pulau itu. Berdasar informasi yang saya dapat, pemandanga­n alam bawah laut di sana lumayan bagus,’’ ungkap Camat Jemaja Robby.

Menurut Robby, pemerintah daerah belum berupaya membangun pulau perbatasan itu. Meski belum ada upaya dari pihak kabupaten, pulau terluar tersebut saat ini diperhatik­an pihak provinsi.

’’Sekarang pulau itu diolah dinas kelautan dan perikanan (DKP) provinsi. Pemprov pun sudah membangun tiga rumah singgah di sana,’’ terangnya. Pulau terluar itu paling mudah dan paling dekat dijangkau dari Pulau Jemaja. Dari Pelabuhan Jemaja, jika ditempuh dengan pompong, masyarakat hanya memerlukan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam.

Namun, pompong masyarakat belum bisa bersandar di pelabuhan. Sebab, pelabuhan di sana belum sampai ke perbatasan karang. Artinya, laut masih dangkal. Jadi, perahu belum bisa merapat ke pelabuhan itu.

’’Kalau mau masuk ke pulau itu, pengunjung harus disambut dengan rakit atau jongkong, baru bisa menuju tepi pantai,’’ jelasnya. Di pulau terluar itu, lanjut Robby, ada penangkara­n penyu. Namun, dirinya tidak tahu berapa banyak telur yang dihasilkan.

’’Ada penyu. Biasanya, kalau malam, mereka keluar,’’ ujar Robby. Karena merupakan bagian dari Anambas, dia berharap pemda bisa mengembang­kan pulau terluar itu menjadi daerah wisata. ’’Provinsi sudah bangun home stay. Saya harap pemda lebih mengekspos­e agar bisa lebih berkembang di masa mendatang,’’ tambahnya. (sya/JPG/co2/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia