Jawa Pos

Saatnya Bianconeri Berlari

Siapa yang bakal menjadi jawara Serie A musim ini? Sulit untuk menebaknya. Sebab, gap tim penghuni tiga besar hanya terpisah satu poin. Namun, Juventus yang nangkring di peringkat keempat punya kans untuk berlari kencang. Apa alasannya?

-

La Viola-julukan Fiorentina diprediksi akan tersendat pada awal 2016. Sebab, sejumlah lawan berat sudah menghadang mereka sepan

jang Januari nanti. 7 Januari vs Empoli 10 Januari vs Sassuolo 16 Januari vs Atalanta 23 Januari vs Carpi 2 Februari vs AC Milan 6 Januari vs Palermo 10 Januari vs Lazio 18 Januari vs AC Milan 24 Januari vs Torino 31 Januari vs Genoa 7 Januari vs Torino 10 Januari vs Frosinone 17 Januari vs Sassuolo 24 Januari vs Sampdoria 31 Januari vs Empoli (A) (H) (A) (H) (A) (A) (H) (A) (H) (H) (H) (A) (H) (A) (H) 6 Januari vs Hellas Verona (H) 11 Januari vs Sampdoria (A) 17 Januari vs Udinese (A) 25 Januari vs AS Roma (H) 31 Januari vs Chievo (A)

SERIE A musim ini bakal lebih kompetitif dibandingk­an musim-musim sebelumnya. Sebab, hingga giornata ke-17, sudah ada enam tim yang pernah mencicipi singgasana klasemen. Mereka adalah Sampdoria, Chievo Verona, Inter Milan, Fiorentina, AS Roma, dan Napoli. Sampdoria, Chievo, dan Napoli bahkan hanya satu pekan menjadi capolista.

Nah, melihat ketatnya persaingan, La Gazzeta dello Sport memprediks­i, setelah libur Natal dan tahun baru, bakal terjadi pergeseran di papan atas.

Jika menilik jadwal kompetisi pada awal 2016, perjuangan Fiorentina bakal lebih terjal. Sebab, tim asuhan Paulo Sousa itu akan menghadapi lawan-lawan yang punya reputasi bagus di Serie A. Di antaranya, menjamu Lazio (10/1) dan melawat ke San Siro menghadapi AC Milan sepekan kemudian. Namun, Sousa optimistis timnya bisa mengatasi jadwal berat tersebut.

’’Ekspektasi seluruh pendukung kami terus merambat naik. Kami bermain cukup bagus di setiap laga, dan terpenting tim ini mendapatka­n konfidensi­nya,’’ tutur Sousa sebagaiman­a diberitaka­n Mediaset Premium.

Sebaliknya, Bianconeri –julukan Juventus– punya kans untuk berlari kencang. Itu jika menilik progres tim asuhan Massimilia­no Allegri tersebut. Akhir Agustus lalu, Gianluigi Buffon dkk masih terperosok di peringkat ke-17. Lalu, sebulan kemudian, mereka berada di posisi ke-13. Nah, pada giornata ke-17 ini, Nyonya Tua –julukan lain Juventus– berhasil merangsek ke posisi empat besar!

Nah, kans Juve untuk menapak ke atas semakin besar lantaran mereka sudah melawat ke markas tim-tim elite. Di antaranya, AS Roma, Napoli, dan Inter Milan. ’’ Tentu sangat menguntung­kan bisa menghadapi mereka (Roma, Napoli, dan Inter) di Juventus Stadium,’’ papar Allegri kepada Forza Italia.

Kekuatan Juve bakal kembali solid pada awal tahun. Sebab, sejumlah pemain yang cedera diprediksi kembali Januari nanti. ’’Dua gelandang kami, Kwado Asamoah dan Roberto Pereyra, akan kembali,’’ ujarnya.

Di kubu Inter, mereka tetap tenang meski gap dengan pesaing begitu rapat. Hal itu diungkapka­n bomber Stevan Jovetic. ’’Kami adalah tim dengan komposisi yang sangat tangguh musim ini. Inter tim besar dan tak takut bersaing dengan tim mana pun,’’ ucap mantan penyerang Manchester City tersebut.

Kiper Samir Handanovic menilai, libur Natal dan tahun baru datang pada momen yang tepat. Sebab, mereka menjalani liburan setelah kalah 1-2 oleh Lazio. ’’Itu (liburan) membantu kami untuk mengisi ulang baterai,’’ tegas Handanovic.

Sementara itu, pelatih Napoli Maurizio Sarri menegaskan, timnya masih tabu bicara soal scudetto. ’’Saya tak mau membicarak­annya karena musim lalu kami finis dengan selisih 24 poin di belakang Juventus,’’ kata Sarri. ’’ Tapi, saya lahir Naples. Jadi, wajar jika sejak kecil saya menjadi fans klub ini (Napoli) dan berharap kami bisa meraih trofi setelah menunggu selama 25 tahun,’’ paparnya. (dra/c17/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia