Jawa Pos

Ubah Supermoto Jadi Vintage Dirt Bike

-

MOTOR dengan mesin berkapasit­as besar, tampaknya, sayang jika dibiarkan standar. Selalu ada ide kreatif untuk memodifika­sinya agar tampilanny­a keren dan berkarakte­r. Tony Prust, seorang builder asal USA sekaligus pemilik Analog Motorcycle Custom, membuat tampilan Husqvarna 510 berubah menjadi motor beraliran vintage.

Rumah modifikasi tersebut benar-benar mengubah gaya supermoto pada Husqvarna bergaya street tracker. Sang builder sengaja menerapkan konsep tersebut agar menjadi lebih berbeda dan kuat dari bentuk aslinya. Untuk menampilka­n konsep itu, Tony harus menanggalk­an banyak bawaan Husqyvarna 510.

Karena rangka bawaan terlalu tinggi, Tonny pun harus memesan rangka Husqvarna yang lebih pendek dan harus di- custom agar tampilanny­a tidak terlalu tinggi. Bagian buritan pun harus dihilangka­n dan dibentuk membulat sesuai dengan konsep tracker. Suspensi belakang juga diubah menjadi double shock menggantik­an fungsi asli monoshock OEM.

Setelah menanggalk­an beberapa part bawaan, sang builder membangun tangki secara custom untuk dibentuk seperti gaya tangki motor trail. Jok juga turut di- custom demi menyelaras­kan dengan desain frame. Tampilan motor pun terlihat cocok dengan konsep besar yang diusung.

Bagian kaki-kaki juga tak luput dari belaian tangan kreatif sang builder. Velg berukuran 18 inci (belakang) dan 21 inci (depan) layaknya ukuran motor trail tampil manis dibalut dengan ban bertekstur yang membuat motor tersebut terlihat semakin vintage.

Sama halnya dengan bawaan supermoto, spesifikas­i knalpot motor tersebut diletakkan pas di kolong rangka. Namun, Tony meng- custom- nya lagi dengan bahan sistem pembuangan two in one. Untuk perubahan sektor lampu depan dan belakang, Tony memasang batok bulat agar terlihat semakin jadul. Begitu juga halnya dengan LED yang dipasang pada lampu belakang. (bikeexif/fgr/c22/agf)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia