Jawa Pos

Tugaskan Enam Wasit

-

KOMISI wasit turnamen sepak bola Piala Jenderal Sudirman memutuskan untuk mengurangi jumlah pengadil lapangan di babak semifinal. Dari 12 orang yang ditugaskan selama babak delapan besar, jumlahnya sengaja dikerucutk­an menjadi enam wasit saja oleh komisi wasit untuk memimpin seluruh laga di semifinal yang dimulai 9 Januari 2016.

Wasit yang memiliki integritas tinggi dan rekor kepemimpin­an bagus akan ditugaskan dalam babak krusial itu. Rudi Yulianto, ketua komisi wasit turnamen tersebut, mengungkap­kan bahwa pihaknya akan benar-benar selektif memilih pengadil lapangan yang terbaik.

’’Kami tidak mau ada wasit yang hanya bisa memimpin pertanding­an di babak semifinal. Namun, mereka harus memiliki ketelitian dan akurat dalam mengambil keputusan. Intinya, mereka yang akan kami percayai nanti benar-benar wasit terbaik di Indonesia,’’ kata pria yang juga perwira TNI tersebut.

Hanya, Rudi enggan menyebutka­n enam wasit yang mendapat kepercayaa­n dan tugas berharga itu. Menurut dia, kerahasiaa­n identitas wasit memang perlu dijaga untuk menghindar­i adanya upaya-upaya kejahatan match fixing dalam turnamen untuk memperinga­ti Hari Ulang Tahun TNI itu.

’’Kalau soal nama, itu masih menjadi rahasia dapur kami. Identitas mereka belum bisa dipublikas­ikan. Namun, kami yakin mereka adalah wasit-wasit dengan kepemimpin­an bagus dan tidak banyak mendapat protes di babak penyisihan hingga delapan besar,’’ tambahnya.

Sementara itu, CEO Mahaka Sports and Entertainm­ent Hasani Abdulgani mengungkap­kan, hingga kini, belum bisa memastikan nama-nama wasit di babak semifinal. (ben/co2/ko)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia