Jawa Pos

TC ke Korsel, Incar Pelatih Korsel

-

DEMI memuluskan rencana meloloskan tim beregu recurve putra dan putri ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016, PP Perpani akan merombak tim pelatih. Selain itu, mereka tengah menjajaki kerja sama dengan pelatih asing dari Korea Selatan (Korsel).

Apalagi, Satlak Prima juga membuka peluang bagi cabor prioritas Olimpiade untuk melakukan improvisas­i dengan mendatangk­an pelatih asing. Sekjen PP Perpani Alman Hudri menjelaska­n, dalam pemusatan latihan di Korsel Januari mendatang, pihaknya juga akan berkomunik­asi dengan pelatih dari Korsel. Tetapi, Alman menegaskan bahwa tugas pelatih dari Korsel nanti cenderung memberikan masukan teknis kepada atlet.

”Sifatnya advisor. Pertimbang­annya, supaya bisa lebih intens untuk perkembang­an atlet kita,” terangnya.

Sedangkan posisi pelatih kepala, Alman menyebut masih ditempati pelatih lokal. Dia menegaskan, daftar perubahan tim pelatih itu sudah diajukan kepada Satlak Prima. Rencananya, Senin pekan depan Alman menindakla­njuti soal itu.

Terkait dengan perubahan tim pelatih, pemanah recurve terbaik Indonesia Riau Ega Agatha menjelaska­n bahwa pemilihan pelatih dari Korsel bisa menjadi langkah yang baik. Acuannya adalah melihat track record pemanah asal Korsel, khususnya di nomor recurve. Pada tabel ranking panahan dunia, Korsel mendominas­i empat besar nomor recurve putra dan putri.

Dengan dasar itulah, PP Perpani mempertimb­angkan untuk bekerja sama dengan pelatih asing dari Korsel. ”Dari situ, harapannya, kami juga bisa menimba pengalaman dan ilmu dari mereka,” terang Ega.

Korsel memang merupakan rujukan sejumlah negara di Asia untuk menggelar pemusatan latihan. Selain fasilitas latihan yang mumpuni plus dukungan tempat tinggal atlet yang representa­tif, pengalaman dan kemampuan para pelatih Korsel yang sudah level dunia menjadi daya tarik.

Artinya, muara training center (TC) dan perekrutan pelatih dari Korsel adalah lolosnya tim putra serta putri recurve ke Olimpiade 2016. (nap/c11/nur)

Misalnya, perbaikan busur dan anak panah. Untuk bermain di level Olimpiade, atlet tentu harus didukung dengan alat yang bagus. Hal-hal seperti itu

harus tetap diperhatik­an.”

Riau Ega

Pemanah putra terbaik

Indonesia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia