Jawa Pos

Spanyol Proyeksika­n Nadal-Muguruza

-

MADRID – Tim tenis Spanyol mempersiap­kan diri lebih dini menghadapi Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Hadirnya kembali Rafael Nadal membikin skuad Matador sangat percaya diri berprestas­i besar di multievent olahraga terbesar dunia tersebut.

Pada Olimpiade London 2012, Spanyol tidak membawa pulang sebiji pun medali dari tenis. Nadal saat itu absen lantaran cedera lutut. Padahal, dia lolos ke babak utama tanpa melewati kualifikas­i karena berstatus juara bertahan.

Pada Olimpiade Beijing 2008, Spanyol sukses besar. Nadal, si raja tanah liat, mempersemb­ahkan emas untuk Spanyol. Itu satu-satunya emas Spanyol yang diraih dari tenis. Satu perak datang dari pasangan ganda putra Anabel Medina Garrigues dan Virginia Ruano Pascual.

Kini memori bagus di Beijing berusaha diulang Spanyol di Rio. Pulihnya Nadal plus bersinarny­a petenis muda tunggal putri Garbine Muguruza membuat Spanyol optimistis bisa membawa pulang medali Olimpiade.

Selain turun di nomor masing-masing, Nadal dan Muguruza diproyeksi­kan berpasanga­n di ganda campuran. ’’Mereka akan menjadi pasangan yang luar biasa. Keduanya adalah petenis juara yang hebat,’’ ucap Conchita Martinez, kapten timnas tenis Spanyol, sebagaiman­a dikutip Omnisport.

Namun, Martinez menyadari setiap pemain masih harus memeras keringat di berbagai event sepanjang 2016 sebelum turun di Olimpiade. Dia berharap, Nadal maupun Muguruza bisa menjaga kondisi dengan baik.

Martinez juga belum menutup peluang untuk petenis Spanyol lain yang ingin mengisi slot ganda campuran. Menurut dia, keputusan final bakal diberikan kepada petenis yang punya peringkat dunia tertinggi. ’’Kami menyadari Spanyol punya banyak petenis andal yang lain. Mereka juga ingin bermain di Olimpiade. Untuk itu, semua akan dipertimba­ngkan secara matang,’’ ucapnya. Diprediksi, pesaing terbesar Nalda-Muguruza adalah pasangan gaek Swiss Roger Federer-Martina Hingis. (irr/c4/nur)

 ?? WALLACE WOON/EPA ?? HARAPAN: Garbine Muguruza akan menjadi tumpuan Spanyol di Olimpiade 2016.
WALLACE WOON/EPA HARAPAN: Garbine Muguruza akan menjadi tumpuan Spanyol di Olimpiade 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia