Jawa Pos

Alihkan Jalur Menuju Exit Tol Porong

-

SIDOARJO – Jasa Marga mengebut pengerjaan dua proyek jalan tol di kawasan Sidoarjo. Dua proyek itu adalah pelebaran jalur di pintu masuk gerbang tol menuju Porong serta peningkata­n elevasi jalan di exit tol Porong.

Selama ini sering terjadi penumpukan kendaraan di gerbang tol Sidoarjo saat jam sibuk. Terutama kendaraan yang akan keluar tol. Setelah pelebaran selesai, Jasa Marga berencana menambah gardu pelayanan agar tidak ada kepadatan kendaraan.

Sementara itu, peningkata­n elevasi menjelang exit tol Porong ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Sebab, selama ini kondisi jalan sering tergenang air setelah turun hujan. ’’Setelah proyek selesai, kondisi jalan diharapkan bisa lebih maksimal untuk digunakan,’’ kata Kabag Pemelihara­an Jasa Marga Wiyono kemarin (25/12).

Wiyono menerangka­n, selama proyek elevasi berlangsun­g, pengendara tidak bisa keluar di exit tol Porong. Sebab, sejak KM 36 kendaraan dialihkan untuk melewati jalur arteri baru Porong. Dengan begitu, kendaraan yang akan menuju kawasan di dekat exit tol seperti wisata lumpur Lapindo harus melewati Jalan Raya Bhayangkar­i, Porong, lebih dulu untuk putar balik.

’’Kita lakukan rekayasa lalu lintas untuk memudahkan para pekerja dalam menyelesai­kan proyeknya. Kalau ada kendaraan yang lewat, perbaikan bisa memakan waktu lama,’’ jelasnya.

Selain meningkatk­an elevasi, Jasa Marga membuat saluran air di sekitar exit tol Porong. Dengan saluran itu, diharapkan tidak ada lagi genangan air setelah hujan turun. Sebab, air akan langsung masuk ke saluran. ’’Biar maksimal, selain jalan ditinggika­n, akan dipasang box culvert,’’ ungkapnya.

Selama perbaikan berlangsun­g, Wiyono berharap para pengendara lebih waspada. Pengerjaan dua proyek tersebut akan membuat laju kendaraan sedikit tersendat di titik rekayasa. ’’Hasil perbaikan yang dilakukan itu nantinya juga untuk pengendara,’’ ucapnya. (edi/c15/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia