Jawa Pos

Anggaran Proyek Joko Samudro Nihil

Bangunan Belum Tuntas, APBD Hanya Siapkan Perawatan

-

GRESIK – Bupati Gresik 2016–2020 punya pekerjaan rumah yang tidak ringan. Sejumlah proyek prestisius belum tuntas pada 2015. Nasibnya antara bakal tuntas atau terkatungk­atung tidak jelas hingga kapan.

Salah satu proyek prestisius adalah Gelora Joko Samudro. Dibangun era Sambari Halim Radianto-Moh. Qosim periode 2010–2015, megaproyek itu digelontor dana dari APBD hingga Rp 284,8 miliar. Bangunan stadion sudah berdiri kukuh di Jalan Raya Veteran, Kecamatan Kebomas, tapi belum selesai 100 persen.

Kelanjutan pembanguna­n stadion yang rencananya menjadi home base Gresik United itu tentu sangat ditunggu. ”Masak setengah jadi. Kalau Pak Sambari dilantik, pembanguna­n Gelora Samudro harus dilanjutka­n,” ujar Ojieg, salah seorang suporter fanatik Gresik United (GU), kesebelasa­n kebanggaan Gresik.

Suporter GU memang sangat mendambaka­n Gelora Joko Samudro bisa sempurna. Mereka membayangk­an, semua tribun stadion bisa tertutup seperti dalam maket yang dibuat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik. ”Sekarang kan baru tribun selatan yang tertutup. Tribun sisi timur, utara, dan selatan masih terbuka. Panas kepanasan, hujan pasti basah,” imbuhnya.

Mimpi masyarakat Kota Giri itu tidak berlebihan. Apalagi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gresik 2016 telah menyentuh Rp 3 triliun. Namun, Pemkab Gresik ternyata belum mengalokas­ikan anggaran untuk pembanguna­n stadion tahap berikutnya. APBD 2016 hanya menganggar­kan biaya perawatan Rp 2 miliar di pos Dinas Kebudayaan,y Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparp­ora) Gresik.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten ( Sekkab) Gresik Bambang Isdianto mengatakan, kontrak pembanguna­n stadion itu berakhir 31 Desember 2015. ”Saat ini pekerjaan pagar,” ujar Bambang lewat telepon selulernya kemarin (25/12).

Meski pembanguna­n kelanjutan tidak dianggarka­n dalam APBD 2016, jelas Bambang, stadion berkapasit­as 25 ribu penonton itu sudah bisa digunakan. ”Sekarang rumput lapangan tinggal perataan,” ujar Bambang yang juga kepala Dinas Pekerjaan Umum ( (DPU) ) Gresik. (yad/c6/roz)(y / / )

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? MENJULANG MEGAH: Salah satu sisi tribun Gelora Joko Samudro yang dilengkapi fasilitas ruang ber-AC untuk VVIP. Tahun ini anggaran pembanguna­n lanjutan belum siap.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS MENJULANG MEGAH: Salah satu sisi tribun Gelora Joko Samudro yang dilengkapi fasilitas ruang ber-AC untuk VVIP. Tahun ini anggaran pembanguna­n lanjutan belum siap.
 ?? POS CHUSNUL CAHYADI/JAWA ?? MASIH BERGELOMBA­NG: Rumput tebal tumbuh di lapangan bola stadion.
POS CHUSNUL CAHYADI/JAWA MASIH BERGELOMBA­NG: Rumput tebal tumbuh di lapangan bola stadion.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia