Jawa Pos

Ganti Desain Bikin Sepatu Fresh

-

SURABAYA – Bosan dengan desain sepatu-sepatunya, Budi Haryono pun menggantin­ya. Kebiasaan itu ternyata membuat banyak temannya tertarik. Melihat peluang usaha, Budi pun membuka jasa mengubah desain tampilan sepatu.

Di ruang kerja Budi, tertata beberapa sepatu yang telah didesain ulang. Sebuah sepatu menarik mata. Nike Air Max 90 yang awalnya berwarna putih hitam telah berubah warna. Sepatu itu kini didominasi batik. Bila dilihat sekilas, sepatu tersebut seperti bentuk orisinal karena dikerjakan begitu halus. ’’Pengerjaan­nya butuh waktu tiga hari,’’ kata Budi.

Dia menjelaska­n, desain ulang pada sepatu itu hanya mengganti bagian cover dan ditambah kulit pari berwarna hitam di samping kanan kiri. ’’Teman dan beberapa klien kebanyakan bawa desain sendiri atau ikut desain kita,’’ papar Budi.

Dalam usahanya, Budi dibantu dua painter, Alifia Nova dan Dwi Marluddiya­nto. Dwi menjelaska­n, ketika pengerjaan, klien bisa membawa desain yang diinginkan. Kemudian, desain dibuat ulang pada software Adobe Photoshop agar lebih jelas. ’’Proses diskusi akan selalu ada. Apalagi untuk klien yang bingung desainnya gimana,’’ ujar Dwi.

Tidak semua sepatu bisa digarap. Hanya yang berbahan kulit dan kanvas. Namun, dia mengingatk­an, cat sepatu yang baru tidak akan maksimal jika kulit sepatu lama berwarna terang dan mengilap. ’’Makanya, untuk warna terang, biasanya kami biarkan desain lama. Tidak ditumpuk warna baru,’’ kata Budi.

Selain desain batik, di dalam display lemari kayu, ada beberapa sepatu yang telah dirupa ulang. Budi memamerkan sepatu dengan desain tambahan berupa mata di kedua sisi. Ada pula yang diberi tambahan font. Bila tidak suka tulisan, Budi memberikan referensi permainan warna. ’’Kalau sudah diubah desainnya, kelihatan seperti sepatu baru,’’ katanya. (cik/c23/ayi)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? UBAH TAMPILAN: Dua painter,
Alifia Nova (kiri) dan Dwi Marluddiya­nto,
sedang mengubah desain sepatu
klien.
ARYA DHITYA/JAWA POS UBAH TAMPILAN: Dua painter, Alifia Nova (kiri) dan Dwi Marluddiya­nto, sedang mengubah desain sepatu klien.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia