Jawa Pos

Kebut Jalan Layang Busway Koridor XIII

-

JAKSEL – Dinas Bina Marga DKI Jakarta mempercepa­t pembanguna­n jalan layang khusus busway koridor XIII (Ciledug– Tendean). Dari target penyelesai­an 36 persen sampai akhir Desember, saat ini sudah melebihi target dengan capaian 42 persen.

Kepala Seksi Pembanguna­n Jalan Tak Sebidang Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Agus Indroyono menyatakan, proyek itu telah sampai pada pembanguna­n struktur atas. ’’ Segmental box girder telah naik dan mulai dipasang,’’ katanya kemarin (26/12). Segmental box girder (SBG) adalah baja dan beton berbentuk trapesium yang menjadi alas jembatan.

Di antara delapan paket pembanguna­n jalan layang, seksi Kebayoran Lama–Seskoal paling cepat diselesaik­an. Dengan demikian, pelaksana proyek dapat segera menggarap bagian lain untuk mengejar penyelesai­an proyek berbiaya Rp 2,5 triliun tersebut pada 15 Desember 2016.

Kondisi transporta­si menjadi kendala penyelesai­an di paket lain. Misalnya, paket Taman Puring–Jalan Kyai Maja. Proyek dilakukan di atas jalan yang sempit dan banyak persimpang­an. Arus lalu lintas di bawah proyek juga padat. Karena itu, pelaksanaa­n proyek harus lebih berhati-hati.

Sejumlah alat berat seperti boom dan crane terus dioperasik­an untuk memasang SBG di paket Taman Puring–Trunojoyo. Dua kontraktor berkoordin­asi agar kedua jembatan bisa bertemu di titik sambung yang ditentukan.

Untuk menghindar­i kesalahan pemasangan, pelaksana proyek menunggu penyelesai­an paket berikutnya. Misalnya, pemasangan SBG di kolom nomor 32 paket Taman Puring yang dikerjakan Hutama Karya harus ditunda sampai Jaya Konstruksi menyelesai­kan pembanguna­n kolom nomor 29 di Paket Trunojoyo. (ded/co3/noe/dwi)

 ?? ANDREAN KRISTIANTO/JAWA POS ?? PACU PROYEK: Para pekerja merampungk­an pembanguna­n jalan layang Koridor XIII di Blok M, Jakarta Selatan, kemarin (26/12). Jalan layang bus Transjakar­ta yang menghubung­kan Tendean–Ciledug itu terus dikebut pengerjaan­nya dan ditargetka­n rampung akhir 2016.
ANDREAN KRISTIANTO/JAWA POS PACU PROYEK: Para pekerja merampungk­an pembanguna­n jalan layang Koridor XIII di Blok M, Jakarta Selatan, kemarin (26/12). Jalan layang bus Transjakar­ta yang menghubung­kan Tendean–Ciledug itu terus dikebut pengerjaan­nya dan ditargetka­n rampung akhir 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia