Jawa Pos

Uji Coba Tari Thengul Masal sebelum Pecah Rekor

-

BOJONEGORO – Sebanyak 250 orang memainkan tari thengul secara bersama-sama di halaman Stadion Letjen Sudirman, Bojonegoro, kemarin (26/12). Tari thengul dengan peserta terbanyak itu ditampilka­n dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-338 Bojonegoro.

Para penari thengul tersebut adalah siswisiswi SMP dan SMA dari berbagai wilayah di Bojonegoro. Suasana semakin meriah karena penampilan para penari itu disaksikan ratusan warga.

’’Kegiatan tari bersama ini merupakan uji coba. Tahun depan, rencananya kita pecahkan rekor Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia),’’ ujar Kabid Pengembang­an dan Pelestaria­n Budaya Disbudpar Bojonegoro Suyanto.

Dia menjelaska­n, tari thengul merupakan tarian khas Bojonegoro sehingga harus terus dilestarik­an. Bahkan, tarian tersebut sudah menjadi ikon Bojonegoro. ’’Beberapa waktu lalu tari thengul berhasil memperoleh juara nasional,’’ katanya.

Selain atraksi tari thengul secara masal, kegiatan kemarin diramaikan dengan festival kuliner khas Bojonegoro. Beragam makanan khas Bojonegoro dijajakan. Para pengunjung tidak perlu merogoh kocek untuk mencicipi. Sebab, panitia menggratis­kan semua menu dan makanan yang tersedia.

Setelah semua menu yang disajikan tersebut dicicipi satu per satu oleh Bupati Bojonegoro Suyoto dan Wabup Setyo Hartono, para pengunjung langsung menyerbu seluruh stan makanan yang ada. Dalam sekejap, semua makanan yang disajikan ludes disantap pengunjung.

Kepala Disbudpar Bojonegoro Amir Syahid menjelaska­n, festival kuliner itu sengaja diadakan untuk mengenalka­n makanan khas Bojonegoro. Misalnya sayur boros dan welut gimbal. ’’Jadi, tidak hanya lokasi wisatanya yang dikenal luas. Berbagai kuliner yang khas juga harus diperkenal­kan,’’ tuturnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Amir berharap wisatawan semakin tertarik untuk datang ke Bojonegoro. Sebab, Bojonegoro juga merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. (zim/c19/dwi)

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia