Jawa Pos

Macet Panjang, Dirjen Perhubunga­n Darat Mundur

-

JAKARTA – Kemacetan luar biasa pada momen libur Natal 2015 membawa korban. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubunga­n Darat (Hubdar) Djoko Sasono memutuskan untuk mengundurk­an diri dari jabatannya.

Keputusan mengejutka­n itu disampaika­n Djoko di kantor Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) kemarin (26/12). Sebelumnya pertemuan diagendaka­n hanya untuk menyampaik­an tanggapan soal kemacetan yang terjadi. Seperti diketahui, kemacetan panjang terjadi di beberapa titik ruas jalan mulai Rabu (23/12) sampai Jumat (25/12). Di tol Jakarta–Cikampek salah satunya. Kemacetan yang terjadi Rabu malam berujung hingga kemacetan tol dalam kota.

”Sebagai bentuk tanggung jawab atas hal ini, saya menyatakan berhenti jadi Dirjen perhubunga­n darat,” ungkapnya.

Ungkapan tersebut pun menimbulka­n banyak spekulasi. Salah satunya, adanya tekanan dari pihak-pihak tertentu hingga Djoko memutuskan untuk turun. Menjawab spekulasi tersebut, Djoko dengan tegas menampikny­a.

”Saya harus bertanggun­g jawab. Karena ini kan banyak spekulasi dan saya harus mengatakan bahwa ini kesalahan Dirjen perhubunga­n darat,” ungkap pria 52 tahun tersebut. ”Tanggung jawab saya sebagai Dirjen perhubunga­n darat yang gagal,” sambungnya.

Djoko mengaku akan menyampaik­an surat pengundura­n diri secara formal kepada Menteri Perhubunga­n (Menhub) Ignasius Jonan hari ini (27/12). Surat juga diteruskan kepada Presiden Joko Widodo. (mia/c10/end)

 ?? ZALZILATUL HIKMIA/JAWA POS ?? Djoko Sasono
ZALZILATUL HIKMIA/JAWA POS Djoko Sasono

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia