Jawa Pos

Neymar Ahli Waris Mahkota Samba

-

NEYMAR menempati posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak atau top scorer La Liga musim ini. Selama 15 pekan dia sudah melesakkan 14 gol. Pemain 24 tahun itu juga masuk deretan pencetak assist terbanyak. Neymar sudah membukukan lima assist atau satu assist di bawah top assist musim ini, Gareth Bale.

Prestasi itu membuat Ronaldinho kagum. Mantan bintang Barcelona dan timnas Brasil tersebut yakin Neymar adalah ahli waris mahkotanya di skuad Samba, julukan timnas Brasil. Kebetulan, Neymar adalah kapten Brasil dan pemilik nomor punggung 10. Nomor itu pernah dikenakan sejumlah legenda Brasil seperti Rivaldo, Zico, Pele, dan Ronaldinho.

”Tak diragukan lagi, Neymar adalah ahli waris mahkotaku,” kata Ronaldinho kepada Marca. ”Dia bisa menjalanka­n peran itu. Dia pemain hebat dan akan menjadi wajah Brasil dalam beberapa tahun mendatang,” tuturnya.

Neymar masuk daftar kandidat peraih Ballon d’Or 2015. Dia akan bersaing dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ronaldinho mengaku sulit menilai siapa yang pantas menjadi pemenang. ”Ketiganya pantas menang,” ujarnya. ”Messi, Ronaldo, dan Neymar sangat luar biasa bersama klub masing-masing. Mereka punya kans untuk memenangka­nnya,” papar pemain 35 tahun itu.

Sanjungan terhadap Neymar juga diberikan mantan bintang Barcelona lainnya, Samuel Eto’o. Menurut dia, Neymar adalah pemain terbaik dunia setelah Messi dan Ronaldo. ”Neymar punya potensi yang sangat besar,” kata Eto’o kepada ESPN. ”Setelah era Messi dan Ronaldo, saya yakin dia akan menjadi nomor satu,” tandasnya.

”Namun, semua bergantung Neymar. Dia harus ingat, dia punya bakat. Yang harus dia lakukan adalah terus berlatih dan berlatih. Sebab, pemain lain tak punya bakat istimewa seperti dia,” tutur pemain asal Kamerun itu.

Eto’o yang kini menjadi pelatih karteker di Antalyaspo­r merasakan banyak perubahan pada dirinya. Terutama soal kebiasaan sehari-hari.

”Sebelumnya (saat menjadi pemain, Red) saya bisatidure­mpatjam dalam satu malam. Sekarang saya menjadi pelatih. Saya maksimal hanya bisa tidur tiga jam,” ucapnya.

Sementara itu, majalah sepak bola Brasil kemarin merilis nominasi peraih Samba Gold 2015. Tiga pemain Barcelona masuk dalam daftar kandidat. Mereka adalah Neymar, Dani Alves dan Rafinha. Samba Gold sendiri adalah penghargaa­n buat pemain Brasil yang tampil cemerlang di klub-klub Eropa. Kandidat akan dipilih oleh para jurnalis di Brasil, serta dua mantan penggawa Samba. Yakni Cafu dan Taffarel. Nah, melihat kiprahnya, Neymar punya peluang besar untuk meraih penghargaa­n ini. (c10/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia