Jawa Pos

Harga Sebuah Janji

-

PEMBUATAN film yang dimulai dua tahun silam merupakan pekerjaan berat. Para pemain dan kru yang terlibat di dalamnya wajib memenuhi kriteria khusus. Yaitu, mampu menjaga kerahasiaa­n jalannya syuting dan cerita di film itu. Singkatnya, mereka dilarang spoiler!

Nah, itu juga yang diberlakuk­an kepada Iko, Cecep, dan Yayan. Ketiganya dilarang membocorka­n karakter yang dimainkan kepada orang lain, bahkan kepada anggota keluarga. Mereka boleh mengatakan­nya setelah pihak pembuat film meminta.

Misalnya, yang dialami Yayan. Istri dan anak-anaknya tidak pernah tahu jika dia terlibat dalam pembuatan film terlaris tahun ini.

Meski kerap dibuat pusing karena selalu ditanya keluarga dan orang lain, Yayan dapat mengambil hikmahnya. ’’Hal tersebut justru memberikan kenyamanan tersendiri, kami bekerja dengan ikhlas. Yakni, bekerja saja, nggak usah orang lain tahu,’’ ucapnya.

Sama dengan yang dilakukan Cecep. Kepada keluargany­a, dia juga bungkam. ’’Saya bilang pokoknya saya kerja cari uang. Doain aja, pinta saya,’’ ujar Cecep. Namun, hal tersebut tampaknya tidak begitu berpengaru­h bagi Iko.

Iko menjelaska­n bahwa keluargany­a berhak tahu yang dia lakukan, termasuk keterlibat­annya dalam film tersebut. ’’Saya kasih tahu istri sama orang tua karena mereka harus tahu. Mereka juga yang akan mendoakan. Jangan nanti saya dikira jauh-jauh ke London buat main film porno, haha…,’’ candanya.

Lalu, bagaimana reaksi sang istri saat tahu jika suaminya terlibat dalam film tersebut? ’’Audy langsung nangis nggak percaya. Dia kaget banget karena tahu Star Wars itu film seperti apa,’’ tutur Iko.

Meski demikian, pemain Merantau tersebut tetap menjunjung tinggi perjanjian. ’’ Tapi saya bilang kepada dia, please banget jangan sampai bocor. Kalau bocor, selesai sudah karir saya. Mungkin, saya tetap dipakai, tetapi sekali itu saja. Mereka nggak akan percaya sama saya lagi,’’ terangnya. (dod/co2/jan)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? Star Wars: TFA PERAN BESAR: Trio The Raid dipercaya menjadi koreografe­r gerakan adegan mereka sendiri.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS Star Wars: TFA PERAN BESAR: Trio The Raid dipercaya menjadi koreografe­r gerakan adegan mereka sendiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia