Jawa Pos

Dua Kuba untuk Menuju Juara

-

JAKARTA – Proliga 2016 baru bergulir pada 19 Februari tahun depan. Namun, sejumlah tim terus melakukan pergerakan intensif di bursa pemain.

Surabaya Samator, misalnya. Mereka telah resmi menggaet dua pemain asing asal Kuba. Mereka adalah Riedel Alfonso Gonzales Toiran dan Pedro Lopez. Dua pemain tersebut dipastikan bakal memperkuat skuad Samator dalam menghadapi Proliga 2016.

Pelatih klub Samator Ibarsjah Djanu Tjahjono menyatakan, meski dua pemain asing itu telah datang dan bergabung bersama Mahfud Nurcahyadi dkk, mereka kini masih dalam tahap penyesuaia­n. ’’Secara resmi, TC untuk persiapan Proliga baru dilakukan awal Januari nanti,’’ ujar Ibarsjah.

Klub yang bermarkas di Driyorejo, Gresik, itu bergerak cepat dan mulai menyusun strategi untuk persiapan Proliga 2016. Kedatangan pemain asing yang lebih cepat akan lebih baik. Sebab, ini berkaitan dengan rencana memadukan gaya permainan mereka dalam tim.

Ini bukan kali pertama bagi Toiran memperkuat Samator di Proliga. Sebelumnya, open spiker berusia 31 tahun itu mampu membawa Samator meraih gelar juara di Proliga 2014.

Kala itu, Toiran bermain apik sesuai ekspektasi yang diharapkan untuk pemain asing. Bahkan, Toiran diganjar penghargaa­n individu sebagai Best Blocker Proliga 2014. Targetnya, dengan tambahan dua pemain itu, Samator bisa menjadi juara.

Asisten pelatih Samator Sigit Ari Widodo mengungkap­kan, kualitas dua pemain asing tersebut sudah tidak diragukan lagi. Toiran akan menjadi andalan sebagai open spiker dan blocker. Sementara itu, tugas Pedro Lopez adalah open spiker dan tosser. ’’Teknik permainan mereka bagus. Di dalam tim, mereka juga sudah tahu apa yang harus dilakukan,’’ kata Sigit. Selain pemain asing, Samator menggaet libero asal Mars Kota Ainur Rusdy.

Sementara itu, Gresik Petrokimia dipastikan batal merekrut tiga pemain Surabaya Bank Jatim, yaitu Maya Kurnia Indri, Faiska Dwi Ratri, dan Asih Titi Pangestuti.

Petrokimia kini mengandalk­an pemain lokal binaan mereka sendiri. Selain itu, mereka masih menunggu dua pemain asing. Sebelumnya, Petrokimia menjalin kesepakata­n dengan pemain mereka musim lalu, Lisbet Arredondo Reyes dari Kuba. Satu pemain lain yang dinanti berasal dari Amerika Serikat, Alaina Bergsma. ’’Harapannya, Januari mereka sudah bisa gabung. Kami berharap banyak kepada mereka,’’ kata Manajer Petrokimia Gatot Santoso. (nes/nap/c17/nur)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? TAMBAH TENAGA: Pemain Surabaya Samator (kiri) saat berhadapan melawan Jakarta Elektrik PLN dalam final four Proliga 2015.
WAHYUDIN/JAWA POS TAMBAH TENAGA: Pemain Surabaya Samator (kiri) saat berhadapan melawan Jakarta Elektrik PLN dalam final four Proliga 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia