Jawa Pos

Harus Rombak Banyak Aturan

-

PARIS – Ancaman penyelengg­ara Tour de France Amaury Sport Organizati­on (ASO) untuk menarik semua balapannya dari agenda WorldTour ditanggapi secara dingin oleh Presiden UCI Brian Cookson. Dia menyatakan, jarak balapan di luar WorldTour tidak boleh lebih dari 200 kilometer.

Aturan UCI tersebut akan membuat ASO memutar otak superkeras. Banyak sekali yang harus diubah dari balapan mereka agar sesuai dengan regulasi. Tour de France, Vuelta a Espana, Paris Roubaix, serta Liege Bastogne Liege harus dirombak habis-habisan dan turun kelas menjadi Horse Classe (kategori di bawah WorldTour di Eropa) pada 2017.

’’Sudahkah mereka (ASO) membaca seluruh aturan?’’ kata Cookson sinis sebagaiman­a dikutip Cycling News. ’’Jarak maksimal balapan kelas Horse Classe adalah 200 km. Jadi, mereka harus memperpend­ek rute Paris–Roubaix atau memperpanj­ang etape-etape di Tour?’’ ketusnya.

Menurut dia, ASO tidak bisa memilihmil­ih aturan untuk diberlakuk­an pada balapan yang mereka selenggara­kan jika ingin tetap menjadi bagian dari olahraga itu.

ASO dan UCI sudah beberapa kali terlibat konflik terkait dengan beberapa poin dalam sistem penyelengg­araan WorldTour sejak 2005. Yang paling diingat adalah musim 2008 ketika Tour de France dan Paris-Nice diselengga­rakan di bawah sponsor French Federation, bukan UCI.

Cookson berjanji membuka komunikasi dengan ASO dan pihak-pihak yang berkepenti­ngan dalam WorldTour saat terpilih sebagai presiden UCI September 2013. ’’Aku dipilih untuk menghentik­an konflik dalam olahraga ini dan aku akan tetap menjalin komunikasi. Dengan disiplin dan diplomasi, kami bisa menyelesai­kan masalah ini,’’ yakinnya. (cak/c19/na)

 ?? LAURENT GILLIERON/EPA ?? SERANG BALIK: Brian Cookson.
LAURENT GILLIERON/EPA SERANG BALIK: Brian Cookson.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia