Jawa Pos

Lengkapi JPO A. Yani dengan Lift

-

SURABAYA – Kondisi jembatan penyeberan­gan orang ( JPO) di sepanjang Jalan Ahmad Yani sudah tidak representa­tif. Sebab, bakal ada pengoperas­ian

di sisi barat dan timur di jalan tersebut. JPO itu belum menjangkau FR tersebut.

Pemkot memang sudah memikirkan desain baru JPO yang bisa melewati FR barat hingga timur dan sebaliknya. JPO itu juga akan dibuat ramah bagi pejalan kaki, termasuk penyandang disabilita­s.

Plt Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengung- kapkan, desain JPO saat ini akan diubah total. Dalam rencana yang mereka buat, JPO akan dilengkapi lift khusus sehingga penyandang disabilita­s bisa mengaksesn­ya. ’’Kalau sekarang, pengguna kursi roda akan cukup sulit mengaksesn­ya,’’ katanya.

Saat ini di sepanjang Jalan Ahmad Yani ada tiga JPO. Yakni, JPO di depan kantor Golkar, dekat Taman Pelangi atau bundaran Dolog, serta depan Universita­s Bhayangkar­a. Nah, dishub akan menambah titik JPO baru di depan RS AL dr Ramelan, Pusvetma, dan pertigaan Siwalanker­to.

Pembanguna­n JPO itu memang dilakukan lintas instansi. Dishub mendapat bagian menentukan lokasi yang tepat disesuaika­n dengan analisis lalu lintas. Pembanguna­n fisik menjadi urusan dinas pekerjaan umum cipta karya dan tata ruang. Bila sudah jadi, JPO akan dikelola dinas pengelolaa­n bangunan dan tanah (DPBT).

Ketua Komisi A DPRD Surabaya Herlina Harsono Njoto mengungkap­kan, rencana pembanguna­n JPO dengan lift itu harus diperhitun­gkan dengan matang. Salah satunya biaya operasi yang bisa jadi sangat tinggi. (jun/c5/git)

 ?? JUNEKA/JAWAPOS ?? road
frontage
BAKAL BERUBAH: Frontage road di dekat Bundaran Dolog akan direnovasi sehingga lebih
mudah diakses semua kalangan.
JUNEKA/JAWAPOS road frontage BAKAL BERUBAH: Frontage road di dekat Bundaran Dolog akan direnovasi sehingga lebih mudah diakses semua kalangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia