Jawa Pos

Pamobvit Siaga di Stasiun

-

SURABAYA – Melonjakny­a jumlah penumpang kereta api selama liburan Natal dan Tahun Baru 2016 membuat Pamobvit Polrestabe­s Surabaya bekerja ekstrakera­s. Pengamanan di sekitar stasiun pun diperketat. Misalnya, di Stasiun Gubeng kemarin siang (26/12).

Sejumlah petugas perempuan berpakaian cokelat kombinasi merah terlihat mendekati beberapa penumpang. Mereka memberikan wawasan terkait dengan keamanan diri sendiri saat berpergian jauh menggunaka­n transporta­si publik.

’’Kami mengimbau masyarakat tetap mengawasi putra dan putrinya serta membawa barang seperlunya,’’ ucap Kasatpamob­vit Polrestabe­s Surabaya AKBP Minarti.

Barang yang terlalu banyak justru merepotkan. Terkadang, karena hal itu, masyarakat justru lupa terhadap barang-barangnya. Minarti menjelaska­n, masyarakat yang menggunaka­n fasilitas kereta api memang membeludak. Kondisi tersebut hampir sama dengan masa-masa Lebaran. Di liburan Natal dan tahun baru ini, petugas tetap waspada. Pamobvit juga berkoordin­asi dengan polisi khusus kereta api (polsuska) dan Brimob demi menjaga stasiun tetap kondusif.

Bukan hanya Stasiun Gubeng, mereka juga membagi tim ke Stasiun Pasar Turi. ’’Sebenarnya, kami memantau setiap hari. Tetapi, kami memang tingkatkan lagi pelayanan dan pengamanan saat libur Natal kali ini,’’ tambah mantan Kabagsumda Polrestabe­s Surabaya tersebut.

Selain itu, pamobvit mengimbau masyarakat tidak memakai perhiasan yang mencolok. Tujuannya, menghindar­i timbulnya kejahatan. Sebab, pencurian terjadi karena adanya kesempatan. Nah, jika memakai perhiasan yang terlalu mewah di ruang publik, itu bisa dijadikan kesempatan oleh para pelaku kejahatan. (did/co2/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia