Jawa Pos

KH Abdul Karim Tunggu Pengaspala­n

Tahun Depan Tambah Box Culvert Lagi

-

GUNUNG ANYAR – Pemasangan box culvert di Jalan KH Abdul Karim tuntas. Sayangnya, jalan itu belum bisa dilalui kendaraan. Penyebabny­a, jalan yang berada di Kelurahan Rungkut Menanggal tersebut belum diaspal.

Lurah Rungkut Menanggal Teguh Abadi tidak menampik kondisi itu. Pengerjaan box culvert di Jalan KH Abdul Karim telah selesai. Tapi, dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) tidak kunjung melakukan pengaspala­n. ’’Jadi, sementara jalan belum bisa dilalui,’’ katanya kemarin (26/12).

Proyek pemasangan box culvert di Jalan KH Abdul Karim dikerjakan DPUBMP. Tahun ini, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu memasang box culvert sepanjang 500 meter. ’’Pengerjaan­nya dimulai dari perempatan KH Abdul Karim ke arah barat,’’ ujar Teguh.

Dia menambahka­n, pemasangan box culvert dilakukan di atas saluran Jalan KH Abdul Karim. Sebelumnya, perbatasan Kelurahan Gunung Anyar dan Kelurahan Rungkut Menanggal itu belum memiliki jalur drainase. Akibatnya, saat hujan turun, jalan tersebut sering tergenang.

Selain menghalau genangan, menurut Teguh, pemasangan box culvert bertujuan memperleba­r jalan tersebut. Tujuan itu pun tercapai. Pasca pemasangan box culvert, Jalan KH Abdul Karim kian lebar.

Sebelumnya, Jalan KH Abdul Karim memiliki lebar 5 meter. Tapi, setelah ada pemasangan box culvert, total lebar jalan tersebut adalah 8 meter. Yang biasanya hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat, kini menjadi dua mobil. ’’Supaya tidak macet lagi,’’ ujar dia.

Teguh mengungkap­kan, saat ini progres pembanguna­n sudah mencapai 80 persen. Sebab, semua box culvert telah terpasang. Saat ini, pengerjaan tinggal pengaspala­n jalan. Dia men- yatakan, proyek tersebut ditarget tuntas akhir 2015. Selanjutny­a, tahun depan, pemkot menambah pemasangan box culvert untuk bagian lain ruas Jalan KH Abdul Karim.

’’Rencananya, semua saluran di Jalan KH Abdul Karim dipasangi box culvert,’’ ungkap Teguh. Dia berharap, pasca pemasangan culvert, jalan tersebut tidak lagi menjadi bulan-bulanan banjir saat musim hujan. (rst/c23/nda)

 ??  ?? box
box
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SALURAN LEBAR: Box culvert telah terpasang pada sebagian Jalan KH Abdul Karim.
GALIH COKRO/JAWA POS SALURAN LEBAR: Box culvert telah terpasang pada sebagian Jalan KH Abdul Karim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia