Jawa Pos

Wisatawan Padati KBS dan Ekowisata Mangrove

-

RUNGKUT – Beberapa tempat wisata di Surabaya diserbu wisatawan. Antara lain, Ekowisata Mangrove Wonorejo dan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Ribuan orang tumplek bleg memadati dua tempat wisata itu.

Ketua Pengelola Ekowisata Mangrove Djoko Suwondo menyatakan, peningkata­n pengunjung di Ekowisata Mangrove Wonorejo dimulai sejak Kamis (24/12). Saat itu jumlah kunjungan mencapai 800 orang. Nah, kemarin (26/12) jumlah pengunjung ekowisata mangrove tersebut meningkat menjadi 1.000 orang.

Dia menyebutka­n, libur Natal kali ini lebih ramai daripada tahun lalu. Pada 2014 jumlah kunjungan saat libur Natal hanya sekitar 500 orang. ’’Tahun ini momennya tepat. Waktu liburnya panjang, terus bersamaan dengan libur sekolah juga. Jadi, kunjungann­ya juga banyak,’’ katanya.

Menurut dia, spot wisata di ekowisata mangrove yang paling ’’laris’’ adalah wisata perahu. Ya, wisatawan diajak berkelilin­g melihat panorama laut. Selanjutny­a, mereka diajak ke area konservasi mangrove. ’’Di sana nanti wisatawan diajak menanam mangrove. Mereka tidak hanya berlibur, tapi juga membantu menjaga lingkungan,’’ jelasnya.

Selama musim liburan, ucap dia, pihak ekowisata menyediaka­n 1.000 bibit mangrove siap tanam per hari. Jadi, wisatawan yang berkunjung bisa menanam mangrove dengan bibit yang telah disediakan.

Dia mengungkap­kan, jumlah kunjungan libur Natal melonjak hingga empat kali lipat. Sebab, biasanya, kunjungan di ekowisata mangrove hanya 300 orang per hari. Dia pun memprediks­i hari ini (27/12) jumlah kunjungan kian meningkat. ’’Jumlah pastinya tidak tahu, yang jelas lebih dari 1.000 orang,’’ tuturnya.

Lonjakan pengunjung juga terjadi di KBS. Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Aschta Nita Boestani Tajudin menuturkan, kemarin jumlah wisatawan yang berkunjung ke KBS mencapai 16.390 orang. Sementara itu, pada Jumat (25/12) jumlah kunjungan mencapai 14.781 orang.

Ketimbang hari biasa, ungkap dia, jumlah pengunjung meningkat empat kali lipat. Namun, daripada libur Natal tahun lalu, jumlah kunjungan tidak jauh berbeda. Dia menyebutka­n, pada Natal 2014, jumlah pengunjung KBS mencapai 14.445 orang.

Saat ini satu-satunya kebun binatang di Surabaya tersebut mengoleksi 2.400 satwa dari 202 spesies. Primadona KBS adalah gajah, jerapah, burung unta, zebra, harimau, dan buaya. (rst/c20/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia