Jawa Pos

Pengunjung Mal Melonjak Tiga Kali Lipat

-

SIDOARJO – Libur sekolah serta libur Natal dan tahun baru membuat jumlah pengunjung di pusat perbelanja­an meningkat. Dua pusat perbelanja­an besar di Kota Delta, yaitu Sun City Mall dan Lippo Plaza, dalam sepekan terakhir dipenuhi pengunjung.

Menurut Humas Sun City Mall Erna Rodita, lonjakan pengunjung tiga kali lipat. Pada hari biasa, umumnya hanya ada 3–4 ribu orang. Namun, sejak memasuki pekan liburan, pengunjung bisa mencapai 11 ribu orang. ” Weekend ini bahkan diperkirak­an mencapai 12 ribu,” ungkapnya.

Menghadapi lonjakan tersebut, kata Erna, pihaknya mempersiap­kan bagian operasiona­l. Baik dari pihak keamanan, parkir, maupun kebersihan. ’’ Kami menambah personel di bagian-bagian tersebut,” kata Erna.

Selain itu, Sun City menambahka­n sejumlah bangku tambahan di area food court. Maklum, tidak sedikit pengunjung yang menghabisk­an waktu untuk makan-makan bersama keluarga atau kolega. ”Biasanya yang ramai di area situ,” ungkap Erna.

Banyaknya pengunjung juga membuat lahan parkir yang disediakan mal melebihi kapasitas. Erna menyatakan, ketika terjadi lonjakan, biasanya pengunjung juga memanfaatk­an lahan di sekitar Sun City Mall untuk tempat parkir. ”Jika sudah benarbenar penuh, biasanya kami menutup lahan parkir,” katanya.

Lippo Plaza pun mengalami lonjakan serupa. Namun, Lippo Plaza tidak menutup parkir sekalipun terjadi lonjakan. Muhamad Zainul Abidin, petugas bagian operasiona­l Lippo Plaza, menegaskan bahwa pihaknya berusaha mengakomod­asi parkir mobil maupun sepeda motor. ”Kami hanya memasang palang bertulisan ’Parkir Penuh’. Jika tetap mau masuk, para pengunjung diharapkan bersabar untuk mendapatka­n parkir karena memang padat,” jelasnya.

Zainul mengatakan, pihaknya pun berusaha melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi macet berkepanja­ngan di depan pintu masuk Lippo Plaza. ”Caranya dengan memutarkan mobil dari timur melalui Perumahan Kahuripan Nirwana,” katanya.

Sementara itu, Mall Manager Lippo Plaza Dendy Iswahyudi mengimbau pihak keamanan Lippo Plaza untuk meningkatk­an keamanan gedung. ”Harus lebih waspada dan siap terhadap segala bentuk gangguan yang mungkin terjadi,” katanya.

Untuk itu, pihaknya juga telah menambah personel keamanan melalui tenaga

Lonjakan pengunjung itu diperkirak­an akan berlangsun­g hingga minggu pertama Januari 2016, ketika masa liburan sekolah sudah berakhir. Dendy juga mengimbau pengunjung agar tetap waspada demi kenyamanan bersama. ” Terutama untuk menjaga anak-anak agar tidak bermain di dekat eskalator,” tandasnya. (vo/c10/hud)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MUSIMAN: Libur panjang dimanfaatk­an warga Sidoarjo dan sekitarnya untuk mengunjung­i mal.
outsourcin­g.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MUSIMAN: Libur panjang dimanfaatk­an warga Sidoarjo dan sekitarnya untuk mengunjung­i mal. outsourcin­g.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia