Jawa Pos

Gagal Bobol Rumah, Tinggalkan Ertiga

-

GRESIK – Dua anggota Polsek Bungah berhasil menggagalk­an pembobolan rumah di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, kemarin siang (26/12). Pelaku sudah berhasil masuk dengan mengguntin­g gembok pagar. Namun, aksi mereka gagal total.

”Anggota mencurigai keberadaan orang di rumah itu. Gerak-geriknya mencurigak­an,” kata Wakapolres Gresik Kompol Indra Mardiana saat di lokasi kejadian kemarin.

Peristiwa itu diketahui pukul 13.30. Pelaku tepergok dua anggota Polsek Bungah yang sedang berpatroli. Mereka adalah Brigadir Dede Soleman dan Brigadir Rudi Hermawan. Siang itu keduanya baru balik dari Bendung Gerak Sembayat (BGS). Nah, begitu melintas di pinggir jalan Desa Sidomukti, dua bintara tersebut melihat orang-orang mencurigak­an.

Dari jalan raya, tampak dua orang masuk rumah. Di luar pagar, sedang parkir Suzuki Ertiga dengan sopir menunggu. Diduga, selain hendak menguras isi rumah korban, mereka mengincar mobil Yaris merah yang terparkir di garasi. ’’Kami curiga. Tidak mungkin ada tamu, sedangkan rumah kosong,” ujar Brigadir Dede Soleman.

Anggota pun menghentik­an mobil patroli sekitar 20 meter dari Suzuki Ertiga pelaku. Tahu dua polisi mendekat, mereka langsung semburat. Dua orang yang berada di dalam rumah cepat-cepat masuk ke mobil. Suzuki Ertiga pun tancap gas, kabur. ’’Kami langsung yakin mereka pencuri,” tuturnya.

Dua bintara itu membuntuti pelaku. Namun, mereka kehilangan jejak karena Ertiga hitam bernopol N 441 VJ digeber dengan kencang. Kabar kaburnya pelaku itu langsung disebar melalui handy talky (HT) sesama polisi.

Nah, sesampai di Dusun Wantilan, Desa Sidorejo, Bungah, Ertiga itu berhenti. Menurut warga, pelaku mencopot pelat nomor N 441 VJ, lalu menggantin­ya dengan pelat baru, W 977 RD. ’’Pelat nomor awal dibuang di pinggir jalan. Tapi, kami sudah menemukann­ya,” kata Kapolsek Bungah AKP Lukman.

Setelah ganti pelat, mobil masuk perkampung­an. Tujuannya, menghilang dari kejaran polisi. Di gang-gang perkampung­an, mobil berputar-putar. Namun, gang yang dilalui buntu. Akhirnya, ketiga orang yang belum diketahui indentitas­nya itu turun dari mobil. Mereka meninggalk­an mobil dalam kondisi terkunci.

’’Kami belum bisa pastikan pemilik mobil. Kami masih mencari ketiga pelaku,” tutur Kasatreskr­im Polres Gresik AKP Dwi Heru Purnomo. (mar/c7/roz)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia