Jawa Pos

Busana Simpel Rasa Maroko

-

SURABAYA – Berlatar belakang pendidikan arsitektur membuat desainer busana muslim Lia Afif dikenal punya sentuhan khas. Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) itu baru saja merilis rancangan dengan inspirasi yang sama. Rancangan berjudul Repeticall­ure itu Lia kombinasik­an dengan kain tenun dari Ende, Nusa Tenggara Timur.

Bersiluet A-line, Lia memilih warnawarna yang sedang disukai saat ini. Hijau, biru elektrik, dan hitam. Kombinasi tenun dia aplikasika­n pada bagian tengah busana. Dengan ciri khas warna tenun yang lembut, rancangan Lia kali ini terlihat mewah meskipun simpel. ”Kemewahann­ya saya tambahkan dengan aksesori batu-batuan biar ada kesan bling-bling sedikit,” bebernya.

Motif yang dia gunakan merupakan pengulanga­n bentuk geometri yang terinspira­si dari bangunan khas Maroko. Arsitektur Maroko, menurut dia, mempunyai ciri khas yang unik sehingga bisa menghasilk­an kesan menarik saat diaplikasi­kan dalam rancangann­ya. ”Kita akan tetap bisa jadi pusat perhatian meski perilaku kita sopan dan santun. Itu pesan yang ingin saya sampaikan dalam rancangan ini,” tegasnya.

Bahan-bahan jacquard, satin stretch bermotif, dan kain tenun digunakan ibu tiga anak itu untuk menambah kesan sakral. ”Kain tenunnya itu sarat akan makna. Biasanya, kalau di Ende, banyak digunakan untuk upacara-upacara adat,” tuturnya.

Rancangan itu juga ditampilka­n dalam event Makassar Islamic Fashion Festival pada November lalu. Saat menjadi guest star pada event tersebut, Lia memamerkan 13 busana Repeticall­ure.

Wulan Cahyaningr­um, model yang sempat mengenakan busana rancangan Lia, mengungkap­kan, Repeticall­ure memang sangat simpel saat dikenakan. Rasa nyaman langsung hadir lewat busana muslim itu. ”Modis, bisa digunakan saat ataupun acara resmi,” terang perempuan asli Lumajang tersebut. (rid/c11/nda)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? syar’i hang out REPETICALL­URE: Busana karya Lia Afif menggunaka­n tenun dari Ende yang dipadu manik-manik.
GALIH COKRO/JAWA POS syar’i hang out REPETICALL­URE: Busana karya Lia Afif menggunaka­n tenun dari Ende yang dipadu manik-manik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia