Jawa Pos

Propaganda K-Pop, ”Kado” untuk Jong-un

-

SEOUL – Kim Jong-un merayakan ulang tahun ke-33 kemarin (8/1). Korea Selatan (Korsel) pun memberikan kado yang istimewa. Yakni, propaganda. Setelah terhenti sekian lama, propaganda lewat sejumlah pengeras suara berukuran raksasa di perbatasan dua negara kembali disiarkan Korsel.

”Keputusan untuk kembali menyiarkan propaganda pada hari ulang tahun Jong-un adalah tindakan yang provokatif,” kata seorang pengamat politik Korsel. Meski Korea Utara (Korut) tidak membuat peringatan khusus atau merayakan hari lahir pemimpin tertinggin­ya dengan pesta atau rangkaian acara tertentu, menurut dia, semua orang tahu bahwa kemarin adalah ultah Jong-un. Korsel sengaja melancarka­n propaganda.

Bukan hanya berita serta orasi atau komentar miring tentang program nuklir Korut dan gaya hidup keluarga besar Jong-un, propaganda terbaru Korsel juga mengandung unsur kekinian. Apalagi kalau bukan K-pop. Kemarin lagu-lagu hit yang sedang populer di kawasan Asia terdengar dari pengeras suara-pengeras suara di garis demarkasi DMZ. Salah satunya adalah lagu Bang Bang Bang Big Bang.

”Pakaian Kim Jong-un dan Ri Sol-ju berharga puluhan ribu dolar. Dompet yang dia pakai juga seharga ribuan dolar,” seru seorang penyiar pria tentang gaya hidup mewah Jong-un dan istrinya. Suara itu terdengar lan-

yang dipopulerk­an tang di sela lagu-lagu K-pop yang mengalun dari sebelas pengeras suara. Salah satunya terpasang di perbukitan Kota Gimpo di perbatasan dua Korea.

Pada malam hari, siaran propaganda Korsel bisa terdengar hingga radius 24 kilometer. (Reuters/AFP/CNN/hep/c14/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia