Jawa Pos

Suarez Kena Sanksi Dua Laga

-

BARCELONA – Tidak akan ada nama Luis Suarez jika Barcelona lolos ke perempat final Copa del Rey, 20 Januari mendatang. Sebab, terhitung sejak tadi malam WIB (8/1) striker berjuluk El Pistolero itu resmi dijatuhi sanksi larangan bermain dua laga di Copa del Rey.

Sanksi tersebut diberikan federasi sepak bola Spanyol RFEF setelah mengkaji laporan dari wasit Martinez Munuera. Terutama yang berkaitan dengan aksi provokasi Suarez kepada pemain Espanyol dalam pertama babak 32 besar Copa del Rey, Kamis dini hari lalu (7/1). ’’Saya sedang menunggumu di sini, ayo ke sini. Kamu itu bagaikan sampah. Ini yang memicu keributan melibatkan pemain kedua tim. Petugas keamanan juga ikut-ikutan, demikian juga dengan staf teknis kedua tim,’’ begitu bunyi laporan Munuera sebagaiman­a dilansir AS.

Meski terkena sanksi, Suarez mujur. Dia tidak diganjar sanksi yang paling berat. Sebab, pelanggara­n yang dilakukann­ya itu berpotensi untuk sanksi larangan sampai tiga laga. Itu masuk dalam pasal 116 Kode Disiplin RFEF

Bukan hanya Suarez. Dua penggawa La Blaugrana lainnya juga bisa terkena sanksi. Gerard Pique dan Javier Mascherano samasama melempar komentar provokasi. Komentar Pique lebih pada sindiranny­a kepada fans Espanyol sebagai klub minoritas.

’’Mereka menyebut dirinya sebagai minoritas yang luar biasa. Mereka memang minoritas sehingga tidak bisa mengisi stadionnya sendiri,’’ be gitu ucapan Pique. Sedangkan, Masche disebut Sport sebagai orang yang pertama menantang Pau Lopez, penjaga gawang Espanyol.

Kedua case itu masih diinvestig­asi RFEF. ’’Kami akan membanding sanksi Suarez,’’ kicau akun Twitter resmi Barca, @ FCBarcelon­a. Rencana banding itu dikeluarka­n Barca hanya sejam setelah keputusan sanksi untuk Suarez turun.

Dilansir ESPN, Barca me- nyang gah jika pemainnya memprovoka­si kubu Espanyol di lorong pemain. ’’Dia (Suarez) sudah menyatakan bahwa dia sama sekali tidak mengeluark­an kata-kata yang diduga menyinggun­g, seperti yang tertulis dalam catatan resmi wasit,’’ klaim pihak Barca dalam pernyataan resminya. (ren/ham)

 ?? REUTERS ?? leg
REUTERS leg

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia