Jawa Pos

Setelah Tommy, Siapa Lagi?

-

TOMMY Sugiarto sangat mungkin lolos langsung ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Saat ini putra legenda bulu tangkis Indonesia Icuk Sugiarto itu nyaman di peringkat ke-11 dunia.

Dalam regulasi BWF, atlet yang menempati ranking 1–16 nomor tunggal hingga 5 Mei 2016 akan lolos langsung ke Rio. Namun, jatah setiap negara hanya dua atlet. Jadi, meski sekarang Tiongkok menempatka­n empat pebulu tangkis di posisi 16 besar, Negeri Panda itu cuma dijatah dua atlet saja.

Tunggal putra Indonesia yang terdekat ranking- nya dengan Tommy adalah Dionysius Hayom Rumbaka di peringkat ke22 dunia. Namun, susah mengharapk­an Hayom. Pertama, dia bukan atlet pelatnas. Kedua, dia sering diganggu cedera.

Sekarang, tumpuannya terletak pada tiga atlet muda Ihsan Maulana Mustofa ( ranking 31), Anthony Sinisuka Ginting (35), dan Jonatan Christie (38).

Pintu belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya, mereka harus tampil dahsyat. Bukan tidak mungkin Ihsan dkk menembus 16 besar dunia. Pelatih tunggal putra pelatnas Hendri Saputra mengungkap­kan, pihaknya memang sudah punya rencana untuk memaksimal­kan tiga atlet muda tersebut menuju Olimpiade. ’’Kalau mereka bisa stabil di setiap turnamen yang diikuti, tidak menutup kemungkina­n mereka bisa lolos ke Brasil,’’ katanya.

Jonatan mengaku punya keinginan sangat kuat untuk bisa terbang ke Rio. ’’Rencana yang sudah disiapkan buat kami akan saya jalankan dengan kerja keras,’’ ucapnya. Prestasi terakhir Jojo –panggilann­ya– adalah juara di Kejurnas PBSI 2015. Jojo punya modal bagus. Kemampuann­ya komplet. Dengan tinggi 179 cm, posturnya ideal. Strike- nya mantap. Jojo juga merupakan pebulu tangkis yang agresif. (nap/c17/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia