Jawa Pos

Temukan Peluru Tajam hingga Lensa Kamera

-

SURABAYA – Puluhan barang tidak bertuan di seputaran terminal Bandara Juanda dilansir Angkasa Pura (AP) I Juanda kemarin (8/1). Barang-barang tersebut merupakan temuan selama empat bulan terakhir yang tidak kunjung diambil sang pemilik. Barangbara­ng itu selama ini diamankan petugas posko angkutan Natal dan tahun baru.

’’ Penemuan terbanyak saat liburan menjelang Natal sampai Tahun Baru 2016,’’ kata Manajer Sekuriti AP I Juanda Sukirman setelah penutupan posko Natal dan tahun baru di Plasa Anjungan T1 kemarin.

Berbagai barang bawaan penumpang tersebut mencapai 26 item. Sukirman menyatakan, nominal barang yang ditemukan diperkirak­an berkisar Rp 100 juta. Beberapa di antaranya termasuk barang berharga maupun peranti elektronik. Di antaranya, telepon genggam, arloji, dan laptop. Anak buahnya juga menemukan sebuah lensa kamera yang biasa digunakan fotografer profesiona­l. Bahkan, petgas menemukan sebutir peluru tajam. Namun, mantan perwira menengah operasi Pusat Pe- nerbangan TNI-AL (Puspenerba­l) itu enggan mengomenta­ri temuan peluru kaliber kecil tersebut.

Barang-barang tersebut sementara waktu diamankan di kantor Aviation Security. Hingga kini, pihaknya belum berencana memusnahka­n maupun melelang barang-barang itu untuk disumbangk­an ke lembaga amal atau sosial. ’’Kami beri kesempatan dulu. Mungkin, yang kehilangan barang berharga seperti yang elektronik bisa menunjukka­n data atau bukti kepemilika­n untuk mengambil di kantor kami,’’ lanjut Sukirman.

Melalui pengumuman temuan barang tersebut, kata Sukirman, anggapan Juanda sebagai sarang ’’tikus-tikus’’ bandara dapat ditepis. Sejak maraknya pencurian barang bawaan penumpang dalam tas atau koper yang masuk bagasi pesawat di luar Juanda, pihaknya mengambil langkah cepat. Selain men- sweeping porter dan petugas groundhand­ling, AP I Juanda mengoptima­lkan mata-mata CCTV dan intelijen Lanudal Juanda.

Langkah perusahaan pelat merah itu diapresias­i Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya Kolonel Laut (P) Dadun Kohar. ’’Keamanan di Juanda berkat kesigapan Aviation Security AP I Juanda,’’ ungkap mantan wakil Puspenerba­l tersebut. (sep/c15/git)

 ?? SURYO EKO PRASETYO/JAWA POS ?? MENUNGGU PEMILIK: Petugas menunjukka­n barang-barang penumpang yang tertinggal selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.
SURYO EKO PRASETYO/JAWA POS MENUNGGU PEMILIK: Petugas menunjukka­n barang-barang penumpang yang tertinggal selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia