Jawa Pos

Target Terminal TOW Meleset

-

(sal/riq/c17/git)

SURABAYA – Pendapatan asli daerah dari Terminal Tambak Osowilangu­n (TOW) pada 2015 menurun daripada 2014. Maklum saja, sepanjang tahun lalu, banyak persoalan yang menyangkut operasiona­l terminal terbesar di Surabaya Utara tersebut.

Data yang diterima DPRD Surabaya menunjukka­n, pada 2014 total pendapatan TOW mencapai Rp 815,9 juta. Saat itu terget retribusi yang dipatok mencapai Rp 964 juta. Nah, pada 2015, target retribusi dari terminal yang dikelola Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya tersebut masih sama, yakni Rp 964 juta. Tetapi, realisasin­ya hanya mencapai Rp 683,5 juta.

Masalah turunnya pendapatan tersebut menjadi bahan evaluasi DPRD Surabaya. Khususnya komisi C yang memang bertugas mengawasi kinerja dishub. Mereka pun telah menyorot masalah turunnya pendapatan asli daerah. Yang paling krusial adalah masalah trayek bus yang melayani daerah pantai utara Jawa.

Hal itu berdasar rekomendas­i Ombudsman RI bahwa bus yang sebelumnya melayani Tambak Osowilangu­n–Bojonegoro dialihkan menjadi Bojonegoro–Purabaya. ’’Sementara itu, trayek saran dari Ombudsman yang melibatkan tak kurang dari 250 bus tidak beroperasi secara maksimal,’’ kata Sekretaris Fraksi Handap DPRD Surabaya Vinsensius Awey.

Selain masalah trayek, dia menduga turunnya pendapatan tersebut disebabkan banyaknya angkutan umum yang menurunkan penumpang di luar terminal. Bus kota pun akhirnya lebih mempriorit­askan mengambil penumpang di luar daripada di dalam.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendali­an Operasi (Dalops) Dishub Surabaya Subagio Utomo menjelaska­n bahwa sopir yang menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal tersebut memang berpengaru­h secara tidak langsung pada pendapatan terminal. Pihaknya pun sudah berupaya menertibka­n para sopir. (jun/c20/git)

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? SENYAP: Terminal Tambak Osowilangu­n jarang disinggahi bus umum. Target pendapatan dari terminal itu juga tidak terealisas­ikan.
JUNEKA/JAWA POS SENYAP: Terminal Tambak Osowilangu­n jarang disinggahi bus umum. Target pendapatan dari terminal itu juga tidak terealisas­ikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia